Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha pengusaha laundry di Kecamatan Tembalang

Saputra, Faisal Yusuf (2016) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha pengusaha laundry di Kecamatan Tembalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411037.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman penulis yang kemudian dikembangkan ke penelitian sederhana kepada pengguna laundry di daerah Tembalang dengan sampel 30 responden. Hasil menunjukan bahwa 15 pengguna laundry mengaku pernah mengalami masalah dan tidak mendapat solusi dari pengusaha laundry, 4 pengguna pernah mengalami masalah dan mendapat solusi dari pengusaha laundry sedangkan 11 pengguna lainnya mengaku belum pernah mengalami masalah karena mereka memiliki langganan laundry tetap. Hal ini menunjukkan terjadinya praktek ketidakjujuran dan ketidaktanggungjawaban dari pihak laundry atas hak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap keuntungan usaha pada usaha pengusaha laundry di kecamatan Tembalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu etika bisnis islam sebagai variabel bebas (independent) dan keuntungan usaha sebagai variabel terikat (dependent), dengan menggunakan sumber data di antaranya data primer, sekunder, populasi dan Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi data atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku dan sebagainya. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelaku usaha jasa laundry di kecamatan tembalang yang berjumlah 123 pengusaha. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus slovin, dan diperoleh 55 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu cara pengambilan sampel secara acak dari anggota populasi tanpa mempedulikan tingkatan Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji normalitas, uji T, uji R2. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = a+bX (Y = 23,737 + 0,604X) yang artinya Keuntungan usaha dipengaruhi Etika Bisnis Islami. Hasil analisis regresi juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,314, ini berarti 31,4% variabel Tingkat Kuantitas Penjualan Produk dipengaruhi oleh variabel Etika Bisnis Islami. Sisanya sebesar 68,6% dijelaskan oleh variabel lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Usaha laundry
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 648 Housekeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muchlis, M. Si.; A. Turmudi, SH., M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:07
Last Modified: 30 Dec 2016 00:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item