Faktor–faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian busana muslim (studi kasus pada butik muslim Sofie Fashion Semarang)

Khasanah, Mualimatul (2016) Faktor–faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian busana muslim (studi kasus pada butik muslim Sofie Fashion Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411119.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan konsumen akan jenis produk dan layanan selalu berubah. Mereka memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja di Butik Muslim. Perilaku keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Ada kalanya mereka dipengaruhi oleh faktor internal saja dan ada kalanya faktor eksternal saja, bahkan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal dan sebagian konsumen juga berpendapat mereka berbelanja di Butik Muslim karena faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen di Butik Muslim Sofie Fashion Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner dan wawancara. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen berupa sejarah berdirinya Butik, produk dan dokumentasi dari media. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, uji validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid, hasil pengujian uji reliabilitas semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 6,805 + 0,194 X1 + 0,259 X2 + e. Koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square〖(R〗^2) sebesar 0,445 yang berarti 44,5% variabel keputusan pembelian konsumen busana muslim di Butik Muslim Sofie Fashion Semarang dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslim. Nilai F hitung sebesar 40, 739 dan signifikan pada 0,000 < dari α = 0.05 yang berarti faktor eksternal dan faktor internal secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi keputusan pembelian busana muslim di Butik Muslim Sofie Fashion Semarang diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Butik; Keputusan pembelian; Perdagangan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Mujiono, MA.; H. Suwanto, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:18
Last Modified: 30 Dec 2016 00:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item