Pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan gaji karyawan terhadap hasil penjualan (studi kasus di katering Warga Sendiri Kota Semarang)

Maulana, Irvak (2016) Pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan gaji karyawan terhadap hasil penjualan (studi kasus di katering Warga Sendiri Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411153.pdf]
Preview
Text
112411153.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Katering “Warga Sendiri” merupakan salah satu perusahan katering yang ada di Kota Semarang yang telah menggunakan manajemen pembiayaan dengan baik, manajemen pembiayaan yang digunakan oleh Katering “Warga Sendiri” meliputi, biaya produksi, biaya pemasaran, dan gaji karyawan, seperti halnya jasa boga yang lainnya yang menyediakan makanan untuk berbagai macam acara dan pesta dengan variasi makanan yang beraneka ragam dan bentuk penyajian yang menarik. Cita rasa yang tinggi dan totalitas dalam pelayanan baik dari para juru masak, pelayanan tim manager, merupakan salah satu kelebihan dari jasa katering Katering “Warga Sendiri” Semarang. Tingginya persaingan yang terjadi dalam pasar katering yang ada di Kota Semarang, mengharuskan Katering “Warga Sendiri” memiliki strategi bersaing yang lebih efektif, salah satunya dengan meningkatkan manajemen pembiayaan. Dengan tujuan agar Katering “Warga Sendiri” dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory (penelitian penjelasan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan katering “Warga Sendiri” dari tahun 2103-2015 (36 bulan). Alat analisis yang digunakan adalah uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji normalitas, regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75,8% variabel hasil penjualan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu biaya produksi (X_1), biaya pemasaran (X_2) dan gaji karyawan (X_3). Sedangkan sisanya 24,2% variabel hasil penjualan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil analisis uji t (parsial) dan uji F (Simultan) menunjukkan bahwa biaya produksi (X_1), biaya pemasaran (X_2) dan gaji karyawan (X_3) berpengaruh terhadap hasil penjualan katering “Warga Sendiri” Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaji karyawan; Manajemen pembiayaan; Biaya produksi; Biaya pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:24
Last Modified: 09 Dec 2021 10:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics