Prosedur pembiayaan dan penanganan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di PT BPRS PNM Binama Semarang

Azwar, Vevi Kurnia (2016) Prosedur pembiayaan dan penanganan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di PT BPRS PNM Binama Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 122503112.pdf]
Preview
Text
122503112.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat sekarang ini membutuhkan sebuah pembiayaan agar keinginannya tercapai. Dengan pengajuan pembiayaan di PT BPRS PNM BINAMA Semarang, bisa mewujudkan keinginan tersebut. Dengan pemberian pembiayaan dapat mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat dan harus dikelola dengan baik oleh lembaga keuangan tersebut. Sebaliknya pengelolaan pembiayaan yang tidak baik akan banyak menimbulkan masalah yang akan menyebabkan ambruknya lembaga keuangan tersebut.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah, maka yang menjadi permasalahan saat ini yaitu bagaimana prosedur pengajuan pembiayaan pada akad Murabahah di PT BPRS PNM BINAMA hal itu dikarenakan masih banyak kaum awam yang belum paham akan proses pengajuan pembiayaan. Selain itu masalah yang sering terjadi pada saat nasabah mengalami kredit macet sehingga pihak PT BPRS PNM BINAMA harus melakukan penanganan pembiayaan Murabahah yang bermasalah.
Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berupa wawancara, wawancara di lakukan di BPRS BINAMA Semarang, jenis penelitian berupa metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta sumber data, baik data primer maupun sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari sumber-sumber dimana kegiatan penelitian berlangsung, dan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari buku-buku maupun dokumen-dokumen tertulis lainnya.
Solusi dari pihak PT BPRS PNM BINAMA yaitu dengan menjelaskan secara terperinci kepada calon nasabah yang akan mengajukan pembiayaan. Solusi untuk pembiayaan bermasalah pihak mitra dalam penanganannya diantaranya adalah rescheduling, melakukan kunjungan, melakukan kolekting, di handle dan diawasi oleh bagian remedial pusat dan membantu menjual jaminan atau angunan atas persetujuan anggota. Selain itu pihak PT BPRS PNM BINAMA juga melakukan kolekting terhadap nasabah yang mengalami kesulitan dalam proses angsuran, tujuannya agar pihak bank mengetahui faktor apa yang menyebabkan kemacetan dalam angsuran pembiayaan, namun jika nasabah dalam kondisi benar-benar kekurangan maka pihak bank harus memberikan tambahan waktu hingga nasabah tersebut bisa melunasi semua tunggakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembiayaan; Mudharabah; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 31 Dec 2016 02:09
Last Modified: 31 Dec 2016 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics