Analisis Kritis Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat dalam Buku Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah

Bastomi, Hasan (2013) Analisis Kritis Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat dalam Buku Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111063_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111063_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (32kB) | Preview

Abstract

Skripsiinimembahastentanganalisiskritispendidikankeluargamenurut Prof. Dr. ZakiahDaradjatdalambukupendidikan Islam dalamkeluargadansekolah.Kajiannyadilatarbelakangibahwapendidikankeluargaadalahlembagapendidikan yang pertamadanutama, sebagaipeletakfondasiawalpendidikan Islam anak. Yang menjadimasalahdaripenelitianiniyaitupendidikankeluarga. Dari masalahinipatutdijawabbagaimanaruanglingkuppendidikankeluarga?Bagaimanakonseppendidikankeluargamenurut Prof.Dr. ZakiahDaradjatdalambukupendidikan Islam dalamkeluargadansekolah?Bagaimanaaktualisasikonseppendidikankeluargamenurut Prof. Dr. ZakiahDaradjatterhadappendidikanmasa kini?Berangkatdarimasalahtersebut, makametode research yang digunakanbersifatkualitatifdenganjenispenelitiankepustakaansertaanalisisbersifatanalisisisi (content analysis).Denganmetodeanalisis data: metodedeskriptif-analitis-kritis. Kesimpulandari research inimeliputi, konseppendidikankeluargamenurut Prof. Dr. ZakiahDaradjatdalambukupendidikan Islam dalamkeluargadansekolahadalah: keluarga (kedua orang tua, ayah danibu) memilikitanggungjawabutamadanpertamadalambidangpendidikan. Adapunpembinaan pendidikankeluargadalamberlangsungnya proses pertumbuhandanperkembangananakmenjadimanusiaberiman, bertakwadanberakhlakterpuji, denganberpangkaltolakdariayat-ayat yang terdapatdalamsuratLuqmanayat 12-19.(1) Pendidikanpembinaanimandantauhid (2) Pendidikanpembinaanakhlak. (3) Pendidikan agama atauibadah. (4) Pendidikanpembinaankepribadiandansosialanak. Adapunaktualisasikonseppendidikankeluargamenurut Prof. Dr. ZakiahDaradjatterhadappendidikanmasakiniadalahdenganmelakukanproses pendidikanintegratifdalamkeluargamelaluipembinaan, yaitu:Pendidikaniman, Pendidikanakhlak (moral), Pendidikanibadahatau agama anak, Pendidikankepribadiandansosialanak. Penelitianinidiharapkandapatmemberikanwacanapemikiranbagiduniapendidikan, khususnyabagiduniapendidikan Islam.Memberikankonstribusipemikiranpositifsebagaiupayamembantumemecahkanmasalahbagiduniapendidikan Islam.Sebagai media sosialisasipemikiran Prof. Dr. ZakiahDaradjattentangkonseppendidikankeluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 06 Dec 2013 04:11
Last Modified: 06 Dec 2013 04:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item