Strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah Griya Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang dalam menarik minat nasabah Kota Semarang untuk memanfaatkannya

Hidayah, Ummi Nurul (2016) Strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah Griya Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang dalam menarik minat nasabah Kota Semarang untuk memanfaatkannya. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132503014.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya jumlah nasabah pembiayaan pemilikan rumah atau biasa disebut pembiayaan griya. Oleh karena itu, permasalahan yang diambil penulis adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang dalam memasarkan produk Pembiayaan Griya dalam menarik minat masyarakat kota Semarang. Tugas Akhir ini mencoba memberikan saran bagaimana strategi yang dapat dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang untuk dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pemilikan rumah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah penelitian kualitatif yang mencoba menganalisis efektifitas strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah yang telah dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang dalam menarik minat nasabah kota Semarang. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara langsung dengan unit pemasaran Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang dan diperoleh dari buku maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian . Hasil penelitian adalah strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang menggunakan implementasi 4P yaitu place (tempat), price (harga), product (produk), promotion (promosi). Namun terdapat beberapa kendala-kendala seperti persaingan, kurangnya tenaga penjual, promosi, sosialisasi masyarakat, jaringan kantor. Strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah ini menggunakan akad murabahah. Saran yang dapat diberikan penulis bagi Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang adalah meningkatkan pelayanan serta kualitas produk agar tetap mampu bersaing dan lebih meningkatkan manajemen mutu, sumber daya manusia, sistem kerja, dan mampu menciptakan strategi yang kompetitif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan rumah; Kredit kepemilikan rumah; Bank syariah; Minat Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhlis, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Jan 2017 02:33
Last Modified: 04 Jan 2017 00:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item