Strategi pemasaran produk Si MaPan (Simpanan Masa Depan) di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Comal Pemalang

Fajariyani, Fitri Afrida (2016) Strategi pemasaran produk Si MaPan (Simpanan Masa Depan) di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Comal Pemalang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132503021.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keberhasilan dalam memasarkan produk simpanan. Keberhasilan ini dapat dilihat dari perkembangan anggota yang selalu bertambah. Dan dengan pertambahan anggota yang selalu meningkat, KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera mengeluarkan produk baru berupa Si Mapan (Simpanan Masa Depan) dan baru diluncurkan tahun 2016 ini. Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu yang pertama bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dalam produk terbarunya simpanan si mapan, yang kedua apa kendala yang dihadapi saat memasarkan produk barunya simpanan si mapan tersebut dan bagaimana solusinya. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada Manajer dan Teller serta Staf dari Produk Simpanan di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera di Pusat dan Cabang Comal secara langsung terhadap objek yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi pemasaran di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan uraian yang telah dibahas, maka produk si mapan di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dengan menggunakan Mudharabah. Sebagai simpanan nasabah menitipkan dana kepada KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dengan jangka waktu yang sesuai kesepakatan. Jangka waktu yang ditentukan minimal 5 tahun dan maksimal 30 tahun. Dan simpanan ini tidak bisa di ambil sewaktu-waktu. Untuk memasarkan produk si mapan tersebut, strategi pemasaran yang digunakan oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dengan mengutamakan pasar sasaran dan juga Marketing Mix yakni 4P, produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Promosi yang dilaksanakan oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera yaitu publisitas, penjualan perorangan dan juga face to face.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhlis, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk perbankan; Bank Muamalah wa Tamwil BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Jan 2017 00:20
Last Modified: 04 Jan 2017 00:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item