Strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat kantor cabang Semarang

Nadzif, Muhammad (2016) Strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat kantor cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132503133.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alasan peneliti meneliti strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di BMI KC Semarang karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran Bank Muamalat Indonesia, banyaknya masyarakat muslim di kota Semarang serta fenomena daftar tunggu (waiting list) yang mencapai belasan tahun mampu dimanfaatkan Bank Muamalat Indonesia dengan menciptakan produk tabungan haji dan selalu berinovasi dalam strategi pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan analisis terhadap strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di BMI KC Semarang. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke BMI KC Semarang dan melakukan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi, serta menggunakan data sekunder yang penulis ambil dari studi kepustakaan yaitu menelaah buku-buku literatur yang berhubungan dengan penelitian yang dibahas. Dari hasil penelitian ini diketahui BMI KC Semarang dalam memasarkan produk tabungan iB Muamalat haji dan umrah dengan merumuskan pasar yang dituju yaitu mayarakat muslim semarang dan sekitarnya dari berbagai usia dan kalangan profesi. Serta mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran. Menciptakan produk dengan branding iB Muamalat Haji dan Umrah yang menerapkan akad wadi’ah. Dalam harga menawarkan Rp. 50.000 untuk setoran awal minimal. Tempat atau distribusi dengan menerapkan sistem jemput bola. Dan dalam promosi dengan brosur, website, penjualan pribadi dan membuat program Rezeki Haji Berkah yang berhadiah umrah gratis untuk lima pemenang setiap bulannya. Analisis yang dilakukan terhadap strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Tabungan syariah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Nur Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Jan 2017 00:53
Last Modified: 11 Jan 2017 00:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6370

Actions (login required)

View Item View Item