Peningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan metode reading aloud materi surah Al-Qori’ah siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto tahun pelajaran 2015/2016

Rohman, Fatkhur (2016) Peningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan metode reading aloud materi surah Al-Qori’ah siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar membaca Al-Qur’an siswa siswi materi surah Al-Qori’ah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, bagaimana penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an materi surah al-qoria’ah Siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas III MI NU 60 Nolokerto Kaliwungu Kendal yang berjumlah 26 siswa siswi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Dari data yang digunakan penulis menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode reading aloud. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode reading aloud dalam Pembelajaran Al-Qur-an Hadits pada Siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus.setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis selanjutnya menjelaskan bahwa metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswi dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan setelah diadakan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode reading aloud , hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan dengan hasil tes diakhir siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus dari 26 peserta didik yang tuntas hanya 10 peserta didik dan yang tidak tuntas 16 peserta didik, dan perolehan nilai rata-rata kelas adalah 67,5 pada tahap I yang tuntas 17 peserta didik dan yang tidak tuntas 9 peserta didik dan perolehan nilai rata-rata kelas adalah 71,92 dan pada siklus II setelah dilakukan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II, terjadi peningkatan yaitu 24 peserta didik yang tuntas dan hamya 2 peserta didik yang tidak tuntas, perolehan nilai rata-rata kelas adalah 81,80. Dari data di atas dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi belajar membaca Al-Qur’an setelah menggunakan metode reading aloud. Penelitian tersebut dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam melakukan tugasnya sebagai agen pembelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil pembelajaran dan mutu pendidikam Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Prestasi belajar; Reading aloud; Kemampuan membaca Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Alis Asikin, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:04
Last Modified: 07 Feb 2017 04:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item