Pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati

Hanifah, Hani (2016) Pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia pada dasarnya memiliki potensi beragama. Potensi beragama ini dibawa sejak lahir sebagai dorongan untuk mengabdi kepada Sang Pencipta. Dorongan mengabdi tersebut diimplementasikan dengan adanya aktivitas beribadah. Aktivitas beribadah manusia yang dilakukan sehari-hari merupakan bentuk keberagamaan. Keberagamaan yang ditunjukkan dengan aktivitas-aktivitas beragama tersebut berkembang melalui lingkungan, baik lingkungan keluarga, pendidikan, maupun masyarakat. Lingkungan merupakan tempat seseorang melakukan aktivitasnya, yaitu mulai dalam kehidupan individu, kelompok atau komunitas, maupun masyarakat. Salah satu lingkungan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan keberagamaan adalah pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan tempat terjadinya interaksi antara kiai dan santri. Interaksi antara kiai dan santri ini dilakukan dalam rangka memberikan pendidikan, bimbingan, pengarahan, kontrol, dan keteladanan. Hal ini merupakan internalisasi pola asuh kiai di pondok pesantren. Pola asuh kiai ini ditujukan untuk membentuk kebiasaan santri yang mencerminkan nilai-nilai ajaran agama Islam, sehingga pola asuh kiai ini diduga dapat mempengaruhi keberagamaan santri. Rumusan masalah yang dapat diambil dari latar belakang adalah adakah pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di pondok pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di pondok pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah ada pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di pondok pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 85. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan skala dan didukung dengan wawancara serta dokumentasi. Skala pada penelitian ini terdiri dari skala pola asuh dan keberagamaan. Aspek skala pola asuh dalam penelitian ini adalah pembatasan, tuntutan, sikap ketat, campur tangan, kekuasaan yang sewenang-wenang, Perhatian, responsivitas, waktu, antusiasme, dan empati. Adapun aspek skala keberagamaan dalam penelitian ini yaitu: keyakinan, prektek ritual, pengamalan, pengalaman, dan pengetahuan agama. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi sederhana, yaitu menggunakan uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh kiai terhadap keberagamaan santri di pondok pesantren Nurul Qur’an Kajen Margoyoso Pati. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisiensi F sebesar 23,076 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Variabel pola asuh kiai yang memengaruhi variabel keberagamaan ini memiliki kontribusi sebesar 21,8%. Adapun sisanya sebesar 78,2% dipengaruhi oleh prediktor lain, salah satunya yaitu konsep diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Jauharotul Farida, M. Ag.; Hasyim Hasanah, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Pondok pesantren; Perkembangan kepribadian; Santri; Ulama; Kyai
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:06
Last Modified: 16 Feb 2017 04:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item