Implementasi nilai ekonomi Islam dalam tranksaksi jual beli di Pasar Ngaliyan

Luthfi, Ahmad (2016) Implementasi nilai ekonomi Islam dalam tranksaksi jual beli di Pasar Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (392kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi sangat menjadi perhatian bagi seluruh kontestan negara berkembang bahkan negara maju, sistem dan teknologi menjadi komponen penting dalam terciptanya pertumbuhan ekonomi yang baik. Perkembagan tersebut harus melibatkan masyarakat bawah karena mereka merupakan ujung tombak dari sebuah target Market (Pasar) yang menjadi sasaran-sasaran untuk melaksankan pemenuhan kebutuhan untuk konsumsi. Dalam konteks Indonesia ada banyak pilihan kaitanya dengan konsep ekonomi yang sedang berkembang, disampaikan bahwa indonesia masih mencari postur konsep ekonomi paling cocok untuk diimplementasikan di Indonesia, seperti ekonomi islam, ekonomi komunis, ekonomi sosialis dan bahkan ekonomi pancasila. Sepertinya semua konsep ekonomi sudah dipraktekan di Indonesia dengan tingkat ketercapaian kesuksesan yang berbeda, karena keberhasilan konsep ekonomi yang tentu harus melihat bagaimana kultur dankebudayaan dari suatu bangsa. Penentu dari sebuah perkembangan ekonomi adalah pasar, yang apapun konsep jual belinya pasar mutlak dibutuhkan dalam konteks ekonomi. Indonesia telah lama menganut bagaimana pasar itu hanya melaksanakan proses tukar menukar antara satu barang dengan barang yang lain, yang terjadi sebelum mengenal alat tukar (Uang). Akhirnya perkembangan ekonomi indonesia kelihatan pasca mengenal nilai tukar. Selanjutnya pasar tradisional menjadi primadona dalam setiap laju perekonomian, karena dinilai sebagain sebuah sistem pasar yang cocok dengan karakter dan budaya bangsa indonesia yang sampai sekarang tetap nyata dalam membantu meningkatkan ekonomi indonesia. Ada fenomena baru yang terjadi di Indonesia bahwa sekarang pasar tradisonal memiliki kolega dalam membantu meningkatkan ekonomi indonesia yakni pasar modern yang punya sistem dan konsep sendiri dalam bermuamalah. Tentu perjalanan ini akan sangat dinamis dan utamamnya untuk menyampaikan pesan dalam bersama meningkatkan ekonomi indonesia. Sebuah konsep dan gagasan yang berkembang akan kita lihat untuk perkembangan ekonomi indonesia, konsep ekonomi yang akan dianut apapun menjadi hal yang perlu dikawal dalam rangka mencari postur ekonomi yang paling baik, yang paling tepat juga yang paling nyata dalam membantu perkembangan ekonomi juga membantu keluar dari krisis golbal yang bisa datang kapan saja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Islam; Jual-beli; Pasar tradisional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Murtadlo, M. Ag.; Muhammad Nadzir, S.HI, M. SI.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:04
Last Modified: 07 Mar 2017 06:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item