Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Mendefinisikan Gambar Bangun Ruang dalam Model Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Huda, Miftahul (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Mendefinisikan Gambar Bangun Ruang dalam Model Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073511060_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511060_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun ruang pada peserta didik kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II MTs. Safinatul Huda Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 131 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 6,466 sedangkan nilai t = 1,669. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan Model pembelajaran picture and picture berbeda secara signifikan daripada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar tanpa menggunakan Model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok bangun ruang kelas VIII MTs. Safinatul Huda Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Picture and Picture; Gambar Bangun Ruang; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:43
Last Modified: 06 Dec 2013 12:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item