Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Komputer Bentuk Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal

Mulazimah, Siti (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Komputer Bentuk Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073811005_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811005_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia komputer bentuk powerpoint terhadap hasil belajar pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII di MTs NU 09 Gemuh Kendal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Nu 09 Gemuh Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas dengan jumlah peserta didik 111, kemudian dipilih sampel menggunakan teknik cluster random sampling setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada seluruh populasi, dengan kelas VIII A yang terdiri dari 38 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keadaan awalnya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai pretest. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran multimedia komputer bentuk powerpoint dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 2,984, sedangkan ttable =1,67 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar biologi peserta didik yang diajar dengan media pembelajaran multimedia komputer bentuk powerpoint lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,4 dan kelompok kontrol = 74,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia komputer bentuk powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas VIII A dan VIII B semester ganjil pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Sistem Peredaran Darah; Biologi; Media Pembelajaran Multimedia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 611 Human anatomy, cytology, histology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:58
Last Modified: 06 Dec 2013 12:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item