Strategi pemasaran BPRS Gala Mitra Abadi dalam meningkatkan dana pihak ketiga

Sasmita, Riyan Tri (2016) Strategi pemasaran BPRS Gala Mitra Abadi dalam meningkatkan dana pihak ketiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (423kB) | Preview

Abstract

BPRS Gala Mitra Abadi sebelumnya adalah BMT Ben Salamah Abadi Purwodadi yang mengalami kebangkrutan yang didalamnya terdapat berbagai masalah seperti banyaknya pembiayaan yang macet dan sulitnya mencairkan dana nasabah simpanan dan investasi. Lalu ada tahun 2013 pihak Giri Muria Grup (GMG) Kudus mengakuisis Ben Salamah Abadi pada Februari 2015 secara resmi berganti nama menjadi BPRS Gala Mitra Abadi dan menempati gedung baru, agar stigma buruk pada Ben Salamah Abadi hilang diharapkan agar masyarakat menaruh kepercayaan kembali pada BPRS Gala Mitra Abadi.Dari sinilah penulis ingin mengatahui bagaimana strategi BPRS Gala Mitra dalam meningkatkan DPK dan kendala dalan mencapai strategi tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan sekunder yang didapat dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakanpendekatan deskriptif kualitatif.
Pemasaran syari’ah adalah sebuah disiplin bisnis strategi yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari inisiator kepada stakeholdernya yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad-akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. BPRS Gala Mitra Abadi menggunakan strategi pemasaran untuk meningkatkan dana pihak ketiga (DPK). Namun, sebelum melangkah pada strategi-strategi tersebut BPRS Gala Mitra Abadi melakukan Segmenting, targeting, positioning (STP). Segementing BPRS Gala Mitra Abadi adalah para pedagang klontong, pedagang di pasar, wiraswasta dan juga keluarga. Segmenting tersebut didasarkan pada jenis produk yang dikeluarkan BPRS Gala Mitra Abadi dan mengacu kepada putusan pimpinan Bprs Gala Mitra Abadi. Target konsumen yang dibidik oleh BPRS Gala Mitra Abadi ini adalah nasabah yang ingin menerapkan prinsip syariah dalam keuangan mereka tanpa ada unsur ribawi. Pada positioning, nasabah yang ingin menerapkan prinsip syariah memposisikan citra perusahaannya menjadi lembaga keuangan yang berbasis syariah sehingga penerapan riba yang masih kental dengan bank konvensional tidak lagi diterapkan di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. BPRS Gala Mitra Abadi ditinjau dari perspektif ekonomi yang dikaji kesesuaiannya dengan marketing syariah, BPRS Gala Mitra Abadi termasuk dalam penerapan marketing syariah yang sesuai dengan empat karakteristik marketing syariah yaitu, Teitis atau ketuhanan (Toko Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah),Realistis (Al-Waqiiyyah), dan Humanitis (Al-Insaniyyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj Siti Mujibatun, M. Ag.; Dr. Ari Kristin Prasetyoningrum, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:28
Last Modified: 09 Dec 2021 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics