Faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa berwirausaha (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang)

Utami, Siti (2016) Faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa berwirausaha (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (926kB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan bukan hal baru di bangsa ini dimana permasalahan tersebut sudah ada pada tahun 1997 sampe sekarang. Hasil pembangunan yang tidak maksimal tersebut menyebabkan banyaknya pengangguran dimana-mana. Sehingga perlunya solusi untuk memecahkan masalah pengangguran yaitu dengan cara menjadi entreprenuer. Kampus merupakan salah satu jalan menjadi seorang wirausahawan, dimana kampus memberi teori dan aplikasinya. Maka dari itu mahasiswa UIN Walisongo mencoba untuk berwirausaha. Sehingga sebagian mahasiswa lain tertarik akan tetapi apa yang menjadikan pertimbangan dalam berwirausaha. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadikan mahasiswa minat dalam berwirausaha di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam laki-laki dan perempuan, dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sudah mengambil mata kuliah kewiraushaan dan memiliki sebuah usaha, dengan pengambilan sampel random sampling dengan jumlah 60 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis faktor merupakan salah satu teknik analisis multivariat yang termasuk dalam kelompok interdependensi/ saling ketergantungan. Kegunaan utama analisis faktor adalah melakukan pengurangan data atau dengan kata lain melakukan peringkasan sejumlah variabel menjadi lebih kecil jumlahnya. Prosedur dalam analisis faktor yaitu melakukan pemilihan variabel menggunakan uji Measure of Sampling Adequacy (MSA), Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) Measure of Sampling Adequacy dan Bartlett's Test of Sphericity, melakukan pembentukan faktor dengan menggunakan metode principal component yang meliputi penentuan jumlah faktor dan rotasi faktor, interpretasi hasil analisis faktor berdasarkan signifikansi factor loading, melakukan validasi hasil analisis faktor dengan membagi sampel keseluruhan menjadi dua bagian yang sama banyak kemudian dilakukan pembentukan faktor dengan menggunakan metode yang sama yaitu principal component. Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa penelitian ini adalah terdapat 5 faktor yang memengaruhi minat mahasiswa berwirausaha, (1) faktor motivasi, (2) faktor pendidikan kewirausahaan, (3) faktor lingkungan (4) faktor ekonomi, (5) faktor pendapatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wirausaha; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Rahman El Junusi, SE., MM.; Ahmad Turmudhi, SH., M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:19
Last Modified: 17 Mar 2017 06:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6560

Actions (login required)

View Item View Item