Analisis pemahaman dan perilaku bisnis berbasis syari’ah pada wirausahawan muslim (study pada wirausahawan muslim di Kelurahan Mangkang Kulon Semarang)

Septiani, Umi (2016) Analisis pemahaman dan perilaku bisnis berbasis syari’ah pada wirausahawan muslim (study pada wirausahawan muslim di Kelurahan Mangkang Kulon Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (983kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah para wirausahawan muslim di Kelurahan Mangkang Kulon Semarang sudah memahami dan menjalankan bisnisnya sesuai dengan bisnis berbasis syari’ah.
Setiap kegiatan seorang muslim harus berlandaskan ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Kegiatan bisnis harus dilakukan sesuai dengan bisnis berbasis syariah. Berbeda dengan sistem bisnis kapitalis yang hanya mencari keuntungan semata tanpa memikirkan bagaimana proses dalam menjalankan bisnis dan menggunakan hasil usahanya. Dalam ajaran Islam, bisnis yang berbasis syari’ah adalah bisnis yang dilakukan dengan memperhatikan cara memperolehnya dan menggunakan hasil yang telah diperoleh.
Kegiatan bisnis seorang wirausahawan muslim dilakukan dengan menjalankannya sesuai syari’at Islam. Aturan atau etika bisnis Islam yang menjadi indikator dalam bisnis berbasis syari’ah. Etika bisnis yang menjadi ukuran bagi bisnis berbasis syari’ah adalah ketakwaan (tauhid), rendah hati dan melayani dengan baik, tidak melakukan monopoli, tanggungjawab, jujur, produk yang dijual halal dan tidak melakukan praktek mal bisnis.
Penulis menggunakan penelitian kualitatif agar dalam hasil penelitian, peneliti memperoleh gambaran yang jelas tentang kegiatan bisnis wirausahawan muslim dilingkungan Kelurahan Mangkang Kulon.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa semua wirausahawan telah menerapkan bisnis yang sesuai dengan aturan Islam. Wirausahawan muslim di Kelurahan Mangkang Kulon telah menerapkan etika bisnis Islam dengan tidak melakukan praktek mal bisnis dan tetap melakukan ibadah wajib saat mereka berbisnis. Bagi mereka kewajiban akan menjadi prioritas. Sedangkan dalam penggunaan hasil usaha dapat dilihat dari kemauan mereka menyisihkan hasil usaha yang diperoleh untuk membantu orang lain dalam bentuk infaq dan sodaqah. Kegiatan bisnis wirausahawan muslim harus selalu pada koridor agama Islam agar cara dan hasil usaha yang digunakan mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT. Sehingga dalam semua kegiatannya, seorang muslim mampu mendapatkan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Wirausaha; Wirausahawan muslim; Perilaku bisnis; Bisnis syariah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:34
Last Modified: 20 Mar 2017 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics