Efektifitas metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS materi mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan di kelas IV MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak

M. Faizin, M. Faizin (2016) Efektifitas metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS materi mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan di kelas IV MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
penggunaan metode demonstrasi lebih baik daripada model
pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen, yang dilaksanakan di MI Mu’abbidin Sukorejo
Guntur Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas IV, yang terdiri dari IVA dan IVB.
Sampelnya adalah kelas IVA yang terdiri dari 15 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas
diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas
dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua
kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 3,420, sedangkan ttabel = 1,70. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 78 dan kelompok kontrol = 65,882, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar IPS materi pokok perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Demonstrasi; Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:55
Last Modified: 13 Dec 2021 10:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics