Metode penanaman nilai-nilai akhlak anak dalam kitab al-Akhlaq li al-Banin karya ‘Umar Ibnu Ahmad Baraja’

Shodiqin, Ali (2016) Metode penanaman nilai-nilai akhlak anak dalam kitab al-Akhlaq li al-Banin karya ‘Umar Ibnu Ahmad Baraja’. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Supplemental Material

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode penananaman nilai-nilai akhlak anak dalam kitab al-akhlaq li al-banin karya ‘Umar Ibnu Ahmad Baraja’, Kajian ini dilatar belakangi adanya kemerosotan akhlak atau degradasi moral anak yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran atau metode di sekolah, khususnya pendidikan agama Islam yang hanya terfokus pada aspek kognitif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab : (1) Apa saja nilai-nilai akhlak dalam kitab al-akhlaq li al-banin ? (2) Bagaimana metode penananaman nilai-nilai akhlak dalam kitab al-akhlaq li al-banin karya ‘Umar Ibnu Ahmad Baraja’?
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentai dengan sumber data primer kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin jilid 1-4 dan data sekunder dari buku atau tulisan yang berkaitan dengan akhlak dan metode penanamannya. Kemudian hasil yang diperoleh dari pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan analisis isi dan analisis interpetasi. (1) Nilai-nilai akhlak dalam kitab al-akhlaq li al-banin merupakan suatu norma yang harus ditanamkan dalam pribadi seorang anak sejak usia dini, agar dapat menjadi acuan atau pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan masa depannya. Nilai-nilai akhlak dapat dilihat dari dua segi, Segi hubungan, yaitu hubungan kepada Allah Swt, manusia (sesama), diri sendiri, dan lingkungan. Sedangkan dari Segi sifatnya, yaitu mahmudah (terpuji) dan madzmumah (tercela). Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak anak dalam kitab ini berisi tentang nilai akhlak mahmudah yang meliputi : religius, amanah, rendah hati, tanggung jawab, disiplin, dan cinta lingkungan. Sedangkan nilai yang termasuk dalam nilai akhlak madzmumah : kufr (ingkar), khianat, dengki, menggunjing, dan sombong. (2) Metode yang digunakan ‘Umar Ibnu Ahmad Baraja dalam kitab ini yaitu : metode pembiasaan, metode kisah, metode keteladanan, metode ‘ibrah dan mau’idhoh, dan yang terakhir metode targhib wa tarhib. Dari semua metode tersebut sudah mencakup tiga proses, yaitu proses pembiasaan, pengetahuan, dan internalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; H. Ahmad Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak anak; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:39
Last Modified: 25 Mar 2017 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics