Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang tahun pelajaran 2015/2016

‘Adila, Aniq (2016) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peserta didik di sana memunyai berbagai macam karakteristik khusus yang di gabung menjadi satu dalam proses pembelajaran, ada yang menyandang autis, hiperaktif, berkesulitan belajar, tuna rungu ringan dan tuna grahita ringan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam proses pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak autis, karena penyandang autis baik anak maupun dewasa, adalah individu dengan keunikan pribadi. Rumusan masalah Penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimanakah solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang tahun pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Autis, problematika dan solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI kelas I, II, III, guru PAI Kelas IV, V, VI dan kepala sekolah SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang merupakan bentuk dari Pelaksanaan Pembelajaran pendidikan agama Islam. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis telah berlangsung dengan baik Namun belum maksimal, karena keterbatasan peserta didik, penyandang autis berbeda dengan anak-anak normal lainnya, sikap dan kecenderungan mereka yang cuek dan tidak mampu menjalin emosi dengan orang lain, sehingga mereka harus memeroleh perhatian khusus.. Kendala yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadahi, keadaan peserta didik, dan terbatasnya waktu pembelajaran PAI. Solusi yang ditawarkan oleh guru yakni sarana dan prasarana dilengkapi, penyandang autis diberikan pelayanan khusus, seperti, menyediakan guru pendamping untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, guru yang peka terhadap perbedaan individu dan menghargai setiap anak dalam menenangkan dirinya sendiri. Sedangkan terbatasnya waktu pembelajaran PAI guru memunyai solusi dengan penerapan metode dan media disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, adanya guru mengetahui cara mengupayakan terjadinya hubungan dengan anak yang mengalami keterlambatan perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M. Ag.; Dra. Ani Hidayati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran agama Islam; Anak autis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Mar 2017 04:11
Last Modified: 27 Mar 2017 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics