Manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang

Fortuna, Sandi Milzam (2016) Manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf - Accepted Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru. kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyak guru yang belum optimal dalam melakukan pengembangan profesinya, sehingga dilaksanakan pengelolaan PKB bagi guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalan tentang (1) Bagaimana perencanaan PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. (2) Bagaimana implementasi PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. (3) Bagaimana evaluasi PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dalam perencanaan PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan guru yang berdasarkan pada evaluasi diri guru. (2) Dalam implementasi PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang terdiri dari unsur kegiatan pengembangan diri dan karya inovatif bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru. (3) Evaluasi PKB bagi guru di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi diri guru yang dijadikan dasar untuk perencanaan PKB selanjutnya. Idealnya unsur kegiatan PKB dilaksanakan seluruhnya, oleh karnanya unsur kegiatan PKB dilaksanakan seluruhnya. Sebaiknya SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang melaksanakan PKB bagi guru secara langsung, agar guru pelaksana PKB dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan didalam sekolah, demi meningkatkan kompetensi dan profesionalime guru yang membawa dampak kepada pelayanan pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahrurrozi, M. Ag.; Mukhamad Rikza, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan profesi; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:38
Last Modified: 11 Apr 2017 03:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item