Pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik di SMP 29 Al-Azhar BSB Semarang

Pratiwi, Eka Yuli Indra (2016) Pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik di SMP 29 Al-Azhar BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah yang ada di SMP Al-Azhar 29 BSB Semarang antara lain prestasi belajar peserta didik yang belum maksimal karena masih terdapat sebagian peserta didik yang mendapat nilai dibawah rata-rata, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar peserta didik, sarana maupun prasarana yang ada belum dimanfaatkan secara optimal oleh sebagian guru dalam proses mengajar, dan prasarana penunjang kegiatan ekstrakulikuler belum tersedia dengan lengkap. Dalam Proses belajar mengajar sarana dan prasarana belajar sangat dibutuhkan. Permasalahan yang muncul bagaimana pengaruh sarana belajar terhadap prestasi peserta didik, pengaruh prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik dan pengaruh sarana dan prasarana belajar secara bersama-sama terhadap prestasi peserta didik perlu diteliti.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian dipilih dengan teknik random samping yang berjumlah 85 peserta didik dari jumlah populasi 114. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup dengan menggunakan ceklis yang menggunakan lima pilihan jawaban. angket diolah dan dianalisis menggunakan tekhnik analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara sarana belajar terhadap prestasi peserta didik. Terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik. Terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara sarana dan prasarana belajar secara bersama-sama terhadap prestasi peserta didik.
Dapat disimpulkan dari hipotesis yang ada sarana dan prasarana belajar mempunyai pengaruh tetapi kurang signifikan terhadap prestasi peserta didik. Pengaruh sarana belajar masih tergolong sedikit maka sarana seperti buku penunjang pembelajaran, media pembelajaran, lcd, perlu ditambah. Prasarana belajar mempunyai pengaruh tetapi kurang signifikan prasarana belajar masih sedikit pengaruhnya oleh karena itu prasarana seperti lapangan olahraga, perpustakaan, dan ruang laboratorium perlu ditambah. Sarana dan prasarana yang ada juga harus dimanfaatkan secara optimal dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fatkhuroji, M. Pd.; Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Fasilitas sekolah; Sarana prasarana pendidikan; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:41
Last Modified: 11 Apr 2017 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6668

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics