Pengaruh pemahaman aspek fiqih dalam mapel PAI terhadap motivasi berjilbab siswi kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2015/2016

Fitriani, Hendrik (2016) Pengaruh pemahaman aspek fiqih dalam mapel PAI terhadap motivasi berjilbab siswi kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111166.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pemahaman Aspek Fiqih dalam Mapel PAI Terhadap Motivasi Berjilbab Siswi Kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Semarang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni dengan menggunakan random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dan metode tes. Sebelum instrument penelitian disebarkan kepada sampel, instrumen tersebut harus memiliki kriteria validitas dan reliabilitas. Setelah peneliti melakukan uji coba instrumen tes tentang Pemahaman Nilai-nilai Ajaran Agama Islam yang berjumlah 30 item soal dan angket tentang Motivasi Berjilbab yang berjumlah 30 item soal, diperoleh 20 soal tes tentang Pemahaman Nilai-nilai Ajaran Agama Islam dan 23 soal Angket tentang Motivasi Berjilbab. yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari masing-masing variabel X (Pemahaman Nilai-nilai Ajaran Agama Islam) 20 item soal dan variabel Y (Motivasi Berjilbab) yang berjumlah 23 item soal yang valid dan reliabel, instrumen tersebut kemudian disebarkan kepada 105 siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Semarang. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linear Sederhana. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 103 diperoleh Ftabel sebesar 3,94 sedang Freg sebesar 15,135 Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,135 > Ftabel (0,05 ; 103) = 3,94. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 103 diperoleh Ftabel sebesar 6,90 sedang Freg sebesar 15,135. Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,135> Ftabel (0,01 ; 103) = 6,90. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05 keduanya menunjukkan signifikan, berarti variabel Pemahaman Aspek Fiqih dalam Mapel PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Berjilbab siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan peneliti menyarankan agar para siswa memiliki motivasi serta semangat belajar yang tinggi dengan cara mengoptimalkan dan memanfaatkan Pemahaman Nilai- Nilai Ajaran Agama Islam yang dimiliki sehingga ilmu yang diperoleh akan lebih bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Fikih; Jilbab; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Saifudin Zuhri, M. Ag.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 Apr 2017 00:48
Last Modified: 19 Apr 2017 00:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item