Pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan di kelas 4 MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

Lesmana, Feri (2016) Pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan di kelas 4 MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911047_COVER.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_COVER.pdf - Cover Image

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_BAB II.pdf - Accepted Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (300kB) | Preview

Abstract

pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan jumlah responden sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan empat metode yaitu metode angket, metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengambil data tentang variabel X, yaitu untuk mengetahui kecerdasan naturalis. Metode tes digunakan untuk mengambil data tentang hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan. Metode dokumentasi diguanakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan keadaan sekolah, keadaan guru, dan keadaan siswa di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan. Berdasarkan hasil penilaian rata-rata nilai kecerdasan naturalis sebesar 84 (Pembulatan dari 83,75) pada interval 84-89, dengan kategori baik. Dan data tentang hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan yaitu pada rata-rata 74 (Pembulatan dari 73,6) adalah pada interval 74-81, dengan kategori baik. Terbukti dengan hasil perhitungan Fhitung = 4,405 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% (4,405 > 4,28), dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh positif antara kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan di kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 diterima”. Kata kunci : Kecerdasan Naturalis, Hasil Belajar, Tumbuhan dan Hewan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan naturalis; Pembelajaran IPA; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Lianah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:29
Last Modified: 28 Apr 2017 07:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item