Hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas V semester gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang tahun ajaran 2015/2016

Rosidah, Hanik (2016) Hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas V semester gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911049_Cover.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Bab I.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Bab II.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Bab III.pdf - Accepted Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Bab IV.pdf - Accepted Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Bab V.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911049_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (164kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V semester gasal di MI Ianausshibyan Mangkangkulon Semarang. Penelitian ini mengambil masalah apakah ada hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu populasi menjadi sampel dalam penelitian (sampel jenuh) karena populasi kurang dari 100 orang. Teknik pengambilan data di lakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode angket dan metode dokumentasi, metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat kecerdasan emosional. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai raport semester gasal siswa kelas V di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang tahun ajaran 2015/2016.Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis product moment. Hasil penguji anhipotesis menunjukkan bahwa: antara variabel (X) tingkat kecerdasan emosional dengan variabel (Y) prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas V semester gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang diperoleh nilai yang signifikan, artinya ada hubungan yang positif antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas V semester gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang. Hasil ini bisa dilihat dari analisis tentang variabel (X) tingkat kecerdasan emosional termasuk dalam kategori cukup, hasil tersebut diperoleh dari rata-rata sebesar 74,56 terletak pada interval 71 – 75. Sedangkan hasil analisis variabel (Y) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak termasuk dalam kategori cukup, hasil tersebut diperoleh dari rata-rata sebesar 71,22 terletak pada interval 68 – 74. Setelah dilakukan uji signifikansi dengan menggunakan rumus regresi diketahui harga F_reg diperoleh sebesar 39,8105 kemudian dikonsultasikan dengan harga F_tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,13 karena F_reg = 39,8105 ˃ Ft 0,05 = 4,13 maka hasilnya signifikan. Hasil tersebut menunjukkan berarti terdapat hubungan yang positif antara tingkat kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas V Semester Gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang. Sedangkan korelasi yang dihasilkan adalah r_xy = 0,734 ini berarti tingkat kecerdasan emosional mempunyai hubungan sebesar73,4% dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas V Semester Gasal di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan sisanya 26,6% adalah factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Prestasi belajar; Akidah akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Muslam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:31
Last Modified: 28 Apr 2017 07:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item