Pengaruh persepsi siswa tentang pendidikan keluarga terhadap karakter siswa kelas IVB di MIN Sumurrejo Semarang tahun ajaran 2015 / 2016

Astuti, Heni Puji (2016) Pengaruh persepsi siswa tentang pendidikan keluarga terhadap karakter siswa kelas IVB di MIN Sumurrejo Semarang tahun ajaran 2015 / 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911051_Cover.pdf - Cover Image

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_BAB II.pdf - Accepted Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911051_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Bibliography

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Keluarga Terhadap Karakter Siswa Kelas IV B MI Negeri Sumurrejo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan keluarga tehadap pembentukan karakter siswa di kelas IV di MIN Sumurrejo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Data dikumpulkan dari sampel yaitu 28 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui pendidikan keluarga dan pembentukan karakter siswa kelas V di MIN Sumurrejo. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy= 0,755 dan rtabel5%= 0,374 berarti rxy> rtabel. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel tersebut memiliki korelasi positif. Dengan demikian diketahui adanya korelasi positif antara pengaruh pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter siswa kelas IVB MIN Sumurrejo Semarang.Setelah uji hipotesis melalui thitung sebagaimana di atas maka hasil yang diperoleh kemudian dikonsultasikan pada ttabel diketahui bahwa thitung = 5,863 dan ttabel (0,05)= 1,701 maka thitung> ttabel sehingga pengaruh pendidikan keluarga terhadap pembentukan karakter siswa kelas IVB MIN Sumurrejo Semarang adalah signifikan. Sedangkan koefisien determinasi yang diperoleh r²= 0,5700. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa 57,00%dipengaruhi oleh pendidikan keluarga yang diberikan melalui persamaaan Y= 24,77+ 0,651 X. sisanya 43,00 % dipengaruhi oleh faktor lain.Dengan demikian maka hipotesis diterima sehingga dapat dibuktikan adanya pengaruh pendidikan keluarga terhadap pembentukan karakter siswa kelas IVB MIN Sumurrejo Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru serta orang tua bahwa pendidikan keluarga sangat penting dan berpengaruh bagi pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Nur Hasan
Uncontrolled Keywords: Pendidikan keluarga; karakter siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:34
Last Modified: 28 Apr 2017 07:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item