Pengaruh Intensitas Bimbingan Ibadah Ṣalat terhadap Kemampuan Melaksanakan Ṣalat Farḍu Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hidayah Sumberjosari Karangrayung Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Hasanah, Inayatul (2012) Pengaruh Intensitas Bimbingan Ibadah Ṣalat terhadap Kemampuan Melaksanakan Ṣalat Farḍu Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hidayah Sumberjosari Karangrayung Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111068_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111068_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, yaitu adakah pengaruh intensitas bimbingan ibadah ṣalat terhadap kemampuan melaksanakan ṣalat farḑu peserta didik kelas VIII MTs Al Hidayah Sumberjosari Karangrayung Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi satu prediktor. Yang mana variabel bebasnya adalah intensitas bimbingan ibadah ṣalat, sedangkan variabel terikatnya adalah Kemampuan Melaksanakan Ṣalat Farḑu Peserta didik Kelas VIII MTs Al Hidayah. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode: 1) Metode angket atau kuersioner, yaitu untuk mengungkap data tentang intensitas bimbingan ibadah ṣalat dan kemampuan melaksanakan ṣalat farḍu; 2) Metode observasi, yaitu untuk mengetahui data lapangan tentang pelaksanaan kegiatan bimbingan ibadah ṣalat dan mengumpulkan data statistik tentang kemampuan peserta didik dalam melaksanakan ṣalat; 3) Metode dokumentasi, yaitu untuk mencari data yang berkaitan dengan MTs Al-Hidayah seperti daftar peserta didik; 4) Metode interviu, yaitu untuk melengkapi data yang tidak dapat diperoleh melalui metode angket berupa data tentang variabel (x) dan variabel (y). Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas bimbingan ibadah ṣalat MTs Al-Hidayah dalam kategori ”sedang” dengan nilai rata-rata yang diperoleh 27 yang berada pada interval 24-29; 2) Kemampuan melaksanakan ṣalat farḍu peserta didik MTs Al-Hidayah dalam kategori ”sedang” dengan nilai rata-rata yang diperoleh 29 yang berada pada interval 26-31; 3) Terdapat pengaruh positif antara intensitas bimbingan ibadah ṣalat dengan kemampuan melaksanakan ṣalat farḍu peserta didik MTs Al-Hidayah, ditunjukkan oleh koefisien rxy = 0,424, dan melalui uji t diperoleh thitung = 2,888 > ttabel (0,05) = 2,021 dan thitung =3,192 > ttabel (0,01) = 2,704, sedangkan nilai regresi (Freg) sebesar 8,341 dan F tabel untuk F0,05 = 4,08 dan F0.01 = 7,31. Maka kemampuan melaksanakan ṣalat peserta didik MTs Al-Hidayah dipengaruhi oleh intensitas bimbingan ibadah ṣalat adalah 17,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 82,1%. Hal ini berarti Intensitas bimbingan ibadah ṣalat berpengaruh terhadap kemampuan melaksanakan ṣalat farḍu peserta didik MTs Al-Hidayah Sumberjosari Karangrayung Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Ibadah Ṣalat; Ṣalat Farḍu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:12
Last Modified: 09 Dec 2013 06:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item