Pendidikan Karakter Berkonsep Nilai-nilai Keislaman (Studi Kasus di Pendidikan Anak Usia Dini Masjid Al Azhar Perumahan Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2011/2012)

Sya’diyah, Khalimatus (2012) Pendidikan Karakter Berkonsep Nilai-nilai Keislaman (Studi Kasus di Pendidikan Anak Usia Dini Masjid Al Azhar Perumahan Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111075_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111075_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas yang ada pada zaman sekarang. Beberapa tindakan menyimpang merupakan menu wajib setiap harinya, oleh karena itu pendidikan sikap serta nilai yang ada dalam diri manusia harus segera dikembangkan. Pembelajaran anak usia dini di PAUD Masjid Al Azhar dirancang untuk mengembangkan fitrah yang telah ada pada diri manusia sejak lahirnya. Hal ini dilakukan dengan pelaksanaan pendidikan karakter yang berkonsep nilai-nilai keagamaan, dengan pelaksanaan ini diharapkan agar anak memiliki kesadaran berperilaku yang sesuai dengan kaidah moral, etika, akhlak yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah pemahaman guru mengenai konsep pendidikan karekter di PAUD Masjid Al-Azhar? 2). Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter berkonsep nilai-nilai keislaman di PAUD Masjid Al-Azhar Perumahan Permata Puri Ngaliyan Semarang? 3). Faktor apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berpkonsep nilai-nilai keislaman di PAUD Masjid Al-Azhar Perumahan Permata Puri Ngaliyan Semarang? Permasalah tersebut dibahas dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis data dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang terkumpul bersifat deskriptif dan analisis data dilaksanakan secara induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa:1) terjadi perbedaan tentang pemahaman konsep pendidikan karakter menurut para pendidik di PAUD Masjid Al-Azhar. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter berkonsep nilai-nilai keislaman melibatkan 3 aspek, meliputi aspek pengetahuan, sikap dan tindakan. Ketiga aspek tersebut dilaksanakan dengan pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. Bentuk materi pendidikan karakter berkonsep nilai-nilai keislaman dilaksanakan dengan metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan dan pembuatan lingkungan yang kondusif bagi penerapan pendidikan karakter. Materi yang diberikan dalam pendidikan karakter berkonsep nilai-nilai keislaman terdiri dari tiga: pengajaran dalam akidah (ketauhidan), pengajaran dalam ibadah, dan pengajaran dalam akhlak. Ketiga materi tesebut tertuang dalam nilai-nilai karakter berikut: karakter disiplin, karakter religiusitas, tertib diri dan kesopanan, karakter pola pergaulan, karakter peduli lingkungan hidup, dan karakter kemandirian. 3) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter di PAUD MAsjid Al-Azhar. Faktor yang berpengaruh diantaranya keluarga, pendidik (guru), lingkungan dan peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter itu senantiasa terdapat keterkaitan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Keislaman; Pendidikan Karakter; Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:15
Last Modified: 09 Dec 2013 06:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item