Sifat-Sifat Pendidik Perspektif Al-Qur’an Surat Fushshilat Ayat 34-35

Zuhri, Mucharom Syarifudin (2012) Sifat-Sifat Pendidik Perspektif Al-Qur’an Surat Fushshilat Ayat 34-35. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111091_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111091_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sifat-sifat pendidik perspektif al-Qur’an surat Fushshilat ayat 34-35. Kajiannya dilatar belakangi oleh banyaknya pendidik yang hanya mengandalkan kemampuan intelektualnya dalam mendidik, tanpa menyeimbangkan dengan aspek lain yang mendukung proses pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, seperti sifat serta kepribadian yang baik yang harus dimiliki oleh setiap pendidik. Semua perilaku pendidik sangat berpengaruh terhadap peserta didik, karena peserta didik cenderung mencontoh pendidiknya. Pendidik yang diharapkan oleh pendidikan Islam yaitu pendidik yang mampu mengoptimalkan semua kemampuan dalam dirinya guna mendapatkan output yang sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya sifat-sifat pendidik yang terdapat dalam surat Fushshilat ayat 34-35 yang dapat diterapkan oleh setiap pendidik dalam proses pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, dalam hal ini ada tiga sumber, yaitu: sumber primer, sumber sekunder dan sumber tersier. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang ada di atas, maka digunakan metode tahlili. Kajian ini menunjukkan bahwa di dalam kandungan surat Fushshilat ayat 34-35 terdapat beberapa sifat-sifat sebagai seorang pendidik yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw yang dapat dijadikan teladan bagi para pendidik, yaitu: (1) Memiliki sifat kesabaran, (2) Selalu berbuat baik, (3) Lemah lembut, (4) Kasih sayang terhadap peserta didik, (5) Mampu menahan amarah, dan (6) Memiliki sifat pemaaf, beserta implikasinya dalam system pendidikan Islam. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi civitas akademik, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama bagi para pendidik khususnya dalam pendidikan Islam agar senantiasa mengoptimalkan seluruh kemampuan dalam mendidik baik dari segi intelektual, sifat, serta kepribadiannya sesuai yang dengan ajaran agama Islam yang dalam hal ini menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman utamanya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sifat Pendidik; Pendidi dalam Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:19
Last Modified: 09 Dec 2013 06:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item