Implementasi sembilan karakter Islami dalam kitab Ta’limul Muta’allim pada pembelajaran Matematika (studi kasus pembelajaran Matematika bapak Darsuki, S. Pd. pada materi limit fungsi di kelas XI-Agama MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2015/2016)

Afwah, Latifatun Nur (2016) Implementasi sembilan karakter Islami dalam kitab Ta’limul Muta’allim pada pembelajaran Matematika (studi kasus pembelajaran Matematika bapak Darsuki, S. Pd. pada materi limit fungsi di kelas XI-Agama MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2015/2016). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (17MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas implementasi sembilan Karakter Islami dalam kitab Ta’limulMuta’allim pada pembelajaran matematika materi limit fungsi di kelas XI-Agama MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2015/2016 yang diterapkan oleh Bapak Darsuki. Kajian ini dilatarbelakangi oleh lima permasalahan antara lain: 1) QS. Al-Hujurat ayat 13 yang menjelaskan tentang akhlak dan ketaqwaan. 2) QS. Luqman ayat 13 tentang tauhid. 3) UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang tujuan pendidikan nasional. 4) Bapak Darsuki, pendidik yang berlatar belakang religius dan pengajar kitab-kitab salaf seperti Kitab Ta’limulMuta’allim di pesantren. 5) Jurnal Cakrawala Kependidikan (JCK) yang menyatakan kurangnya porsi pendidikan moral dalam pembelajaran matematika. Kelima masalah ini merujuk pada pendidikan yang bertujuan untuk perubahan moral peserta didik. Akan tetapi dalam pembelajaran matematika fakta mengenai hal tersebut kurang dan di sisi lain ada seorang pendidik yang berlatar belakang pesantren juga berprofesi sebagai pengajar matematika, sehingga menyebabkan karakteristik mengajar yang berbeda, yaitu religius. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data antara lain: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa analisis data deskriptif, yakni metode analisis data yang berupa kata-kata atau kalimat, gambar, dan bukan angka. Kajian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua penjelasan untuk mengetahui bagaimana Implementasi sembilan Karakter Islami dalam kitab Ta’limulMuta’allimyakni 1) Memiliki niat yang baik dalam belajar, 2) Tawadhu’, 3) Iffah, 4) Waro’, 5) Sabar dan tabah dalam belajar, 6) Rasa hormat (respect), 7) Kesungguhan hati dalam belajar, 8) Mudzakaroh, munadharah, dan mutharahah, serta 9) Lillahita’alapada pembelajaran Bapak Darsukiyaitu implementasi secara terkonsep dan tidak terkonsep. Untuk implementasi yang terkonsep ditunjukkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan substansi pada materi limit fungsi. Dan cerminan Karakter Islami dalam kitab Ta’limulMuta’allim pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pembelajaran Bapak Darsuki antara lain: 1) Sistematika pembuatan RPP sesuai dengan sistematika pembuatan RPP pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 2) Substansi Karakter Islami dalam RPP terlihat di langkah-langkah pembelajaran, yaitu mengandung motivasi religius dan korelasi materi limit fungsi terhadap Karakter Islami berupa kesederhanaan. 3) Korelasi Pembelajaran dengan RPPyakni pembelajaran yang berusaha berpedoman dengan RPP. Dari tujuh pembelajaran, tiga pembelajaran yang sedikit tidak sesuai dengan RPP, yaitu pertemuan pertama, kelima, dan keenam dengan alasan yang tidak sengaja atau keadaan darurat. Kemudian cerminan sembilan Karakter Islami dalam kitab Ta’limulMuta’allim pada materi limit fungsi antara lain: 1) Memiliki niat yang baik dalam belajar ditunjukkan saat mengingat kembali cara menggambar grafik fungsi. 2) Tawadhu’ ditunjukkan saat tidak menggunakan cara pintas yang tidak sesuai (meskipun hasilnya benar) dalam pemecahan masalah limit fungsi. 3) Iffahditunjukkan saat mengidentifikasi jenis limit (tentu atau tak tentu). 4) Waro’ ditunjukkan saat menghitung limit fungsi dengan memperhatikan petunjuk pada soal. 5) Sabar dan tabah dalam Belajar ditunjukkan saat menggunakan sifat-sifat limit fungsi. 6) Rasa Hormat(respect) ditunjukkan saat menghitung limit fungsi dengan langkah-langkah yang benar. 7) Kesungguhan hati dalam belajar ditunjukkan saat mencari turunan fungsi dengan menggunakan limit. 8) Mudzakaroh, munadharah, dan mutharahah ditunjukkan saat memilih cara yang tepat dalam menghitung nilai limit fungsi bentuk tak tentu. 9) Lillahita’ala ditunjukkan saat menggantungkan hasil limit dua fungsi dari nilai pendekatan yang sama dengan cara menyamakan hasil masing-masing limit fungsi. Sedangkan implementasi yang tidak terkonsep dilihat dari tingkah keseharian atau habitual actionBapak Darsukidan peserta didik saat pembelajaranantara lain: 1) Performance atau penampilan Bapak Darsuki dan peserta didik saat pembelajaran baik dan sesuai dengan kitab Ta’limulMuta’allim, seperti cara berpakaian, cara berbicara/menjelaskan dan cara berjalan sehingga karaker Islami yag terlihat dari performance adalah tawadhu’ dan iffah. 2) Attitude atau sikap yang ditampilkan Bapak Darsuki dan peserta didik terlihat baik saat pembelajaran, seperti tidak mudah marah, ikhlas, dan tabah sehingga Karakter Islami yag terlihat dari attitude adalah sabar dan tabah dalam belajar dan lillahita’ala. 3) Behavior atau tingkah laku Bapak Darsuki dan peserta didik baik, seperti masuk kelas tepat waktu, keluar kelas tepat waktu dan memanfaatkan media pembelajaran. Dari behavior, sembilan Karakter Islami terlaksana dengan baik Dari hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru matematika dapat mengimplementasikan sembilan Karakter Islami dalam Kitab Ta’limulMuta’allim pada setiap pembelajaran dan bagi peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mencontoh akhlak guru sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter Islami; Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Emy Siswanah, M. Sc.; Agus Sutiyono, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:07
Last Modified: 19 May 2017 08:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item