Pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA materi alat optik, suhu dan kalor, listrik dinamis, dan gelombang elektromagnetik

Fauziyah, Nourma Fahmatullahil (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA materi alat optik, suhu dan kalor, listrik dinamis, dan gelombang elektromagnetik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB  I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of BAB  II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya buku ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA materi alat optik, suhu dan kalor, listrik dinamis, dan gelombang elektromagnetik baik di toko buku maupun sekolah di daerah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas bahan ajar fisika tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang batasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist.
Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan guru fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan bahan ajar untuk ahli materi skor 3,5 persentase kelayakan 70,25%, untuk ahli media skor 4,02 persentase kelayakan 81%, dan guru fisika skor 4,0 persentase kelayakan 80,95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Media pembelajaran; Pembelajaran fisika; Integrasi Sains dan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:31
Last Modified: 15 Dec 2021 09:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics