Pengembangan bahan ajar Fisika berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi usaha dan energi, tekanan, dan cahaya

Zam-Zam, Vina Ainuz (2016) Pengembangan bahan ajar Fisika berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi usaha dan energi, tekanan, dan cahaya. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya buku ajar fisika berbasis kearifan lokal kelas VIII SMP/MTs pada materi usaha dan energi, tekanan, cahaya yang berada di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal kelas VIII SMP/MTs dan mengetahui kualitas bahan ajar fisika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural yang mengadopsi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi dua tahap yaitu tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan produk. Tahap studi pendahuluan terdiri dari studi kepustakaan, rancangan produk, sedangkan tahap pengembangan produk terdiri dari pembuatan produk, penilaian produk, revisi produk dan produk akhir. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan empat kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan guru fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata bahan ajar untuk ahli materi 80,98 %, untuk ahli media 72,92 % dan guru fisika 78,26 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Kearifan lokal; Pembelajaran fisika; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: Alwiyah Nurhayati, M. Si.; Arsini, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:32
Last Modified: 19 May 2017 08:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item View Item