Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Hukum Kepler

Kurniati, Agustina Budian (2016) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Hukum Kepler. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara guru kelas dan observasi kelas XI IPA MAN 01 Semarang pada awal bulan September 2015 ketika pembelajaran siswa pada materi hukum kepler, para siswa mengalami kesulitan dalam memahami orbit planet dan kecepatan planet dalam mengelilingi matahari dan perbedaan bentuk orbit, selain itu guru juga membenarkan bahwasanya alat proyektor di kelas jarang digunakan karena kesulitan dalam pembuatan medianya. Maka dari itu dibuatlah simulasi berbentuk media pembelajaran untuk mempermudah pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model desain media pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yaitu menggunakan skala dengan empat kategori. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan dari ahli materi, ahli media dan guru fisika. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dengan dasar pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan dari ahli media skor 3,7 persentase kelayakan 91.7% dengan kategori sangat baik (A), dari ahli materi skor 2.9 persentase kelayakan 72.9% dengan kategori baik (B), dan guru fisika skor 2.9 persentase kelayakan 72.9% dengan kategori baik (B).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran interaktif; Adobe Flash; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Ardhi Khalif, S. Si., M. Sc.; Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:33
Last Modified: 19 May 2017 08:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item