Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Hukum Kepler

Kurniati, Agustina Budian (2016) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Hukum Kepler. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara guru kelas
dan observasi kelas XI IPA MAN 01 Semarang pada awal bulan
September 2015 ketika pembelajaran siswa pada materi hukum
kepler, para siswa mengalami kesulitan dalam memahami orbit
planet dan kecepatan planet dalam mengelilingi matahari dan
perbedaan bentuk orbit, selain itu guru juga membenarkan bahwasanya alat proyektor di kelas jarang digunakan karena kesulitan dalam pembuatan medianya. Maka dari itu dibuatlah simulasi berbentuk media pembelajaran untuk mempermudah
pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model desain media pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yaitu menggunakan skala dengan empat kategori. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan dari ahli materi, ahli media dan guru fisika. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dengan dasar pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan dari ahli media skor 3,7 persentase kelayakan 91.7% dengan kategori sangat baik (A), dari ahli materi skor 2.9 persentase kelayakan 72.9% dengan kategori baik (B), dan guru fisika skor 2.9 persentase kelayakan 72.9% dengan kategori baik (B).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran interaktif; Adobe Flash; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:33
Last Modified: 14 Dec 2021 10:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics