Efektifitas model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (KSP)

Wulandari, Wahyu (2016) Efektifitas model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (KSP). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Jenis penelitian ini merupakan penelitian mixed methodes model concurent embedded strategy. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil observasi menunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eskperimen (lebih dari 75, kategori baik), sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol (kurang dari 75, kategori cukup). Catatan harian peserta didik kelas eksperimen menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik bertanya jika belum memahami materi yang dipelajari serta mengungkapkan lebih dari solusi dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis data posttest diperoleh thitung > ttabel sehingga Ho diterima, yang artinya rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil analisis skala psikologi, rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen (70,95 (kategori tinggi)) lebih baik daripada kelas kontrol (63,76 (kategori rendah)). Adapun hasil wawancara dengan guru kimia menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping efektif diterapkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan hal tersebut di atas dapat dikatakan pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Concept mapping; Kemampuan berpikir kreatif; Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.; Mulyatun, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 May 2017 07:24
Last Modified: 22 May 2017 07:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item