Pengaruh pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium terhadap motivasi belajar praktikum IPA Biologi siswa kelas XI MANU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus tahun ajaran 2016/2017
Nisa’, Khoirotun (2016) Pengaruh pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium terhadap motivasi belajar praktikum IPA Biologi siswa kelas XI MANU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (941kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (323kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (497kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (433kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (591kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (267kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (165kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Sekolah yang mengajarkan ilmu pengetahuan alam hendaknya mempunyai laboratorium karena dalam pelajaran siswa tidak hanya mendengarkan dari guru terkait dengan pelajaran yang diberikan, tetapi yang melakukan kegiatan sendiri untuk mencari keterangan lebih lanjut tentang ilmu yang dipelajari. Siswa kelas XI MA NU ASSALAM Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017 mempelajari pelalajaran biologi di laboratorium yang terkait dengan kegiatan sebelum praktikum dan guru di sekolah memberikan pembekalan pengenalan tentang sarana prasarana laboratorium.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium, mengetahui motivasi belajar praktikum IPA Biologi, dan pengaruh pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium terhadap motivasi belajar praktikum IPA Biologi siswa kelas XI MA NU ASSALAM Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA NU ASSALAM Tanjungkarang Jati Kudus. Jenis sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah 84 responden. Teknik pengumpulan data dengan tes objektif dan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana. Rata-rata persentase pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium yaitu 74,51% yang menunjukkan kategori “Cukup”, serta rata-rata persentase motivasi belajar IPA Biologi yaitu 78,02% menunjukkan kategori “Baik”.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan persamaan garis regresinya adalah( Y) ̂=86,468-0,436X. Hasil analisis varians regresi diperoleh nilai Freg sebesar1,34 yang dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar3,96 karena harga Freg<Ftabel. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan “Tidak ada pengaruh pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium terhadap motivasi belajar praktikum IPA Biologi” ditolak. Nilai kontribusi pengaruh pengetahuan siswa tentang ketersediaan sarana prasarana laboratorium terhadap motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas XI MA NU ASSALAM Tanjungkarang Jati Kudus dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 1,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Sofa Muthohar, M. Ag.; Nur Hayati, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Sarana dan prasarana; laboratorium IPA; Motivasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 May 2017 07:29 |
Last Modified: | 30 May 2017 07:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6886 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year