Analisis keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui pendekatan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi asam basa dan larutan penyangga

Khumaidah, Umi (2016) Analisis keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui pendekatan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi asam basa dan larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) diperlukan dalam pendidikan karena dapat memberi bekal peserta didik untuk membangun konsep sendiri dengan melakukan proses-proses ilmiah sehingga dapat menumbuhkan sikap dan nilai ilmiah pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA MAN 1 PATI pada praktikum asam basa dan larutan penyangga melalui pendekatan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Kualitas keterampilan proses sains tersebut diperoleh melalui metode mixed research dengan desain embedded konkuren. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI IPA-1 di MAN 1 PATI mempunyai keterampilan proses sains yang cukup baik dengan persentase rata-rata 67,34% diantaranya pada aspek mengamati/mengobservasi dengan persentase rata-rata 85,00% (Baik); aspek mengklasifikasi dengan persentase rata-rata 77,12% (Baik); aspek menggunakan alat dan bahan dengan persentase rata-rata 80,62% (Baik); aspek mengukur dengan persentase rata-rata 55,00% (Kurang); aspek menginterpretasi data dengan persentase rata-rata 66,00% (Cukup); aspek mengkomunikasikan dengan persentase rata-rata 58,78% (Cukup); dan aspek menyimpulkan dengan persentase rata-rata 47,62% (Kurang). Kemampuan peserta didik pada aspek mengukur dan menyimpulkan belum muncul pada kegiatan praktikum asam basa dan larutan penyangga yang telah dilaksanakan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 May 2017 07:39
Last Modified: 30 May 2017 07:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item