Kemampuan Anak Usia 4-6 Tahun dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ishlahul Amin Ngaliyan, Semarang

Munfadlilah, Munfadlilah (2012) Kemampuan Anak Usia 4-6 Tahun dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ishlahul Amin Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111100_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111100_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kemampuan membaca al-Qur’an anak usia 4-6 tahun di TPQ Al-Ishlahul Amin, Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif lapangan dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Agar hasil penilaian berjalan dengan baik, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan mengumpulkan hasil data baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi kemudian dikumpulkan sesuai dengan komponen masing-masing kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an anak usia 4-6 tahun belum sesuai dengan apa yang diharapkan dari tujuan metode qiro’ati. Sebagian santri dalam membaca al-Qur’an masih jauh dari kaidah ilmu tajwid serta makhorijul hurufnya. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kesulitan anak usia 4-6 tahun dalam melafadlkan salah satu huruf hijaiyyah, yaitu antara huruf ha’ dan kha’ , sin dan syin. Hal ini dipengaruhi oleh adanya 1) faktor lingkungan masyarakat, 2) faktor lingkungan sekolah, 4) faktor guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan perbaikan metode pembelajaran pendidikan, khususnya bagi Ustadz/Ustadzah di samping itu juga dapat memotivasi anak usia 4-6 tahun dalam membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al- Ishlahul Amin Ngaliyan, Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an; Taman Pendidikan Al-Qur’an; Metode Qiro’ati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:24
Last Modified: 09 Dec 2013 06:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item