Hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Semarang tahun ajaran 2016/2017.

Fitriyani, Nita (2016) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Accepted Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Accepted Version

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Accepted Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Semarang tahun ajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di MI Islamiyah Podorejo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subyek dalam penelitianya itu siswa kelas V MI Islamiyah dengan jumlah siswa 28 orang. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dan untuk mengetahui hasil korelasi, penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dapat diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% menunjukkan persamaan garis regresinya adalah Ŷ = 2,530 + 0,980X, sedangkan menguji signifikansi dari persamaan regresi tersebut digunakan analisis varian untuk regresi yaitu Harga Fhitung diperoleh sebesar 27.7624 kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,22 karena Fhitung = ˃27.7624Ftabel = 4,22 maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuian sosial siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Semarang.Sehingga, dapat dilihat bahwa besar hubungan yang diperoleh sebesar 0,719 . Hal ini menunjukkan bahwa variabel (X) kecerdasan emosional terhadap variabel (Y) penyesuaian sosial siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kota Semarang adalah sebesar 71,9%, adapun sisanya 28,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Penyesuaian sosial; Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:39
Last Modified: 12 Jun 2021 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics