Pengaruh perhatian dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al Huda Jatirunggo Pringapus Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016

Fatmawati, Siwi (2016) Pengaruh perhatian dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al Huda Jatirunggo Pringapus Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1 Coverdll.pdf]
Preview
Text
1 Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 2 BAB 1.pdf]
Preview
Text
2 BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3 BAB II.pdf]
Preview
Text
3 BAB II.pdf - Accepted Version

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of 4 BAB III.pdf]
Preview
Text
4 BAB III.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 5 BAB IV.pdf]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 6 BAB V.pdf]
Preview
Text
6 BAB V.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
7 Daftar pustaka.pdf - Bibliography

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8 Lampiran.pdf]
Preview
Text
8 Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan analisis regresi dan sampel penelitian di ambil dari siswa MI Al Huda Jatirunggo Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrument angket. Untuk menjaring data tentang perhatian orang tua ( variabel X1 ), bimbingan orang tua ( variabel X2 ) dan hasil belajar siswa (variabel Y). penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 40.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa :
1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa di MI Al Huda Jatirunggo. Penelitian ditunjukkan oleh harga F hitung = 153.346 yang telak dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F 0,05 dan 0.01 = 4.10 dan 7.35. dan hasilnya F hitung > F tabel pada taraf F 5%, dan 1% yang berarti signifikan. Karena F hitung lebih besar dari F tabel. Dengan kata lain, pengaruh perhatian orang tua pada hasil belajar secara statistik signifikan (pada taraf 5%dan 1%). Berarti perhatian orang tua berpengaruh pada hasil belajar siswa.
2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar siswa di Mi Al Huda Jatirunggo. Penelitian ditunjukkan oleh F hitung = 330.446 yang telah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F 0,05 dan 0.01 = 4.10 dan 7.35. dan hasilnya F hitung > F tabel pada taraf F 5% dan 1%, yang berarti signifikan. Karena F hitung lebih besar F tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa.
v
.
3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al Huda Jatirunggo. Penelitian ditunjukkan oleh F hitung =216.253 yang telah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F 0,05 dan 0.01 = 4.10 dan 7.35. dan hasilnya F hitung > F tabel pada taraf 5% dan 1%, yang berarti signifikan. karena F hitung lebih besar dari F tabel.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang menunjukkan pengaruh perhatian dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa, ini merupakan saran-saran bagi penulis adalah :
1. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang harus diberikan secara maksimal dengan tujuan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa dan Negara.
2. Orang tua hendaknya semakin meningkatkan perhatian terhadap putra-putrinya, karena tuntutan yang semakin kompleks sebagai akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan lebih banyak membekali putra putrinya dengan iman dan taqwa sebagai benten diri untuk keselamatan dunia dan akhirat.
3. Selain orang tua guru atau pendidik disekolah hendaknya memperhatikan terhadap anak didiknya, sehingga anak didiknya tersebut meningkatkan kemandiriannya.
4. Siswa hendaknya selalu aktif untuk meningkatkan kemandirian dan mengembangkan potensi yang ada agar dapat menjadi anak yang mandiri, berprestasi dan tidak mudah berpengaruh oleh nilai-nilai baru yang bertentangan dengan nilai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua; Bimbingan orang tua; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:50
Last Modified: 12 Jun 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics