Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok sifat-sifat cahaya siswa kelas V MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016

Prayitno, Sugeng (2016) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok sifat-sifat cahaya siswa kelas V MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode ekperimen dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al Khoiriyyah 01. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum melaksanakan siklus I peneliti terlebih dahulu melakukan pra siklus. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode eksperimen. Terdapat tahapan-tahapan saat melaksanakan pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian belajar siswa pada pra siklus sebelum menggunakan metode eksperimen yaitu nilai rata-rata 67,3 dan nilai ketuntasan 26,67%, pada pelaksanaan siklus I setelah menggunakan metode eksperimen mulai meningkat yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 69,67 dan nilai ketuntasan 53,3%, selanjutnya pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dan sudah mencapai KKM yaitu dengan nilai rata-rata 81,67 dan nilai ketuntasan 93,3%. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat- sifat cahaya. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata dan nilai ketuntasan siswa, dimana nilainya sudah mencapai KKM 70 dan nilai ketuntasan 93%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode eksperimen; Prestasi belajar; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Hamdan Hadi Kusuma
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:52
Last Modified: 05 Jun 2017 02:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6941

Actions (login required)

View Item View Item