Pengaruh Kegiatan Rohis terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 01 Weleri Tahun Ajaran 2011-2012

Mulyadi, Agus (2012) Pengaruh Kegiatan Rohis terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 01 Weleri Tahun Ajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111131_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111131_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111131_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111131_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111131_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111131_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111131_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 083111131_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111131_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh kegiatan Rohis terhadap hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA. Kajiannya dilatar belakangi oleh SMA Negeri 1 Weleri yang memanfaatkan kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) untuk mencetak generasi Islami yang tidak hanya berkompeten di bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi keruhaniannya juga. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah kegiatan Rohis di SMA N 01 Weleri? (2) Bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA N 01 Weleri tahun ajaran 2011-2012? (3) Adakah pengaruh antara kegiatan Rohis terhadap hasil belajar kognitif PAI di SMA N 01 Weleri tahun ajaran 2011-2012? Permasalahan trersebut dibahas memalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 01 Weleri. SMA Negeri 01 Weleri dijadikan sumber data untuk mendapatkan data kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan hasil belajar PAI pada mid semester 2. Datanya diperoleh dengan cara observasi secara langsung dilapangan, wawancara bebas, metode dokumentasi dan metode tes. Semua data dianalisis menggunakan korelasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan Rohis di SMA Negeri 01 Weleri dilaksanakan setiap hari jum’at ba’da shalat jum’at. Kegiatan Rohis dimulai dengan membaca al-Qur’an beserta artinya, kemudian mendengarkan materi dan ditutup dengan membaca do’a. Kegiatan Rohis cukup baik dalam membentuk akhlak peserta didik, ini terbukti menghasilkan angka rata-rata 68.05 dan hasil tersebut menempati interval 57 - 59 (interval kategori cukup baik). (2) Pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan untuk menciptakan lulusan yang Islami. Tujuan tersebut sudah terpenuhi dengan hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 01 Weleri yang berada dalam kategori cukup baik. Ini terbukti dari analisis data menghasilkan rata-rata 84.65 dibulatkan menjadi 85 hasil tersebut menempati interval 85 (interval kategori cukup baik). (3) Ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara kegiatan Rohis Terhadap Hasil Belajar kognitif Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 01 Weleri dengan signifikansi kategori sangat lemah dengan signifikansinya sebesar 0,103. Hal ini disebabkan materi yang diberikan peserta kegiatan Rohis disamakan tanpa melihat jenjang kelas dan materi yang diberikan pada mapel PAI di kelas ditambah kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan Rohis yang menyebabkan mereka tidak dapat memadukan materi pada kegiatan Rohis dengan materi PAI di kelas, sehingga pengaruh yang diberikan kegiatan Rohis di SMA Negeri 01 Weleri terhadap hasil belajar kognitif PAI pada Mid semester II tidak signifikan menurut perhitungan statistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Rohis; Hasil belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:28
Last Modified: 09 Dec 2013 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics