Problematika pembelajaran bahasa Arab siswa kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun ajaran 2015/2016

Azmatussulkha, Fauzia (2016) Problematika pembelajaran bahasa Arab siswa kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911121_Cover.pdf - Accepted Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123911121_Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas problematika pembelajaran bahasa Arab kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada matapelajaran bahasa Arab. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apa saja problem pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang? (2) Bagaimana solusi dari problem yang dialami siswa kelas 4D dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) problem pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa kelas 4D di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang antara lain : a. rendahnya hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yaitu 66, b. rendahnya minat belajar siswa terhahap matapelajaran bahasa Arab, c. anggapan siswa bahwa bahasa Arab itu sulit, d. kurangnya persiapan siswa sebelum pembelajaran (2) Solusi yang diberikan guru bahasa Arab untuk mengatasi problem yang dialami siswa kelas 4D yaitu, a. memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan dirumah bagi siswa yang kurang, b. memberikan jam tambahan untuk mempelajari lebih dalam bahasa Arab pada saat setelah jam pulang sekolah atau pada waktu hari sabtu. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi praktisi pendidikan dan civitas akademika di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Mufidah
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:59
Last Modified: 05 Jun 2017 02:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item