Penggunaan media boneka tangan (hand puppet) dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Tarbiyatul Hasanah di Desa Bringin Batealit Jepara tahun pelajaran 2015/2016

Faizah, Nur (2016) Penggunaan media boneka tangan (hand puppet) dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Tarbiyatul Hasanah di Desa Bringin Batealit Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (661kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Rendahnya kemampuan menyimak dongeng pada siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II MI Tarbiyatul Hasanah tahun pelajaran 2015/2016? (2) Apakah media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II MI Tarbiyatul Hasanah tahun pelajaran 2015/2016 ?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan metode media boneka tangan menggunakan teknik analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng kelas II di MI Tarbiyatul Hasanah. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar dari pra siklus 23%, pada siklus I meningkat menjadi 40,00% dan pada siklus II bertambah meningkat vi . menjadi 76,66%. Sehingga tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan KKM dan persentase ketuntasan telah tercapai. Temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau masukan untuk pihak sekolah dalam mengadakan peningkatan kualitas sekolah dengan adanya perbaikan prestasi siswa. Untuk saran yang dapat saya sampaikan adalah Guru dalam melaksanakan pembelajaran diharapkan mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian Siswa agar memiliki rasa percaya diri sehingga tidak merasa takut untuk menghafal di depan guru. Pada intinya media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada kelas II MI Tarbiyatul Hasanah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Sayyidatul Fadlilah
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Boneka tangan; Dongeng
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:13
Last Modified: 14 Jun 2017 02:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item