Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui metode picture and picture pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun pelajaran 2016/2017

Yulekhoh, Yulekhoh (2016) Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui metode picture and picture pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf - Accepted Version

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAFI.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata

Download (290kB) | Preview

Abstract

Latar belankang penelitian ini adalah rendahnya hasil menulis Bahasa Indonesia materi karangan sederhana. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan selama ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Islamiyah Sukorejo menggunakan metode ceramah, guru masih dominan dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media atau pun alat peraga dalam menyampaikan materi. hal ini menjadiak peserta didik pasif dalam belajar. cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan menggunakan metode Picture and picture dalam materi karangan sederhana. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana cara meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana pada siswa kelas III semester I MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Pelajran 2016/2017. Penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikatir tiap siklus dan untuk menggambarkan kemampuan menulis menggunakan metode picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Islamiyah Sukorejo ini dapat meningkatkan hasil belajar pada pra siklus52% pada siklus I 63% dan pada siklus II 89,5% dan keaktifan dalam pembelajaran pada siklus I 53% dan di siklus II 86%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan menulis; Karangan sederhana; Metode pembelajaran; Picture and picture
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Siti Tarwiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:09
Last Modified: 16 Jun 2017 06:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item