Pengajaran Ketrampilan Membaca dengan Menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk Kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang

Aini, Nur (2012) Pengajaran Ketrampilan Membaca dengan Menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk Kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083211070_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083211070_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bab1.pdf]
Preview
Text
083211070_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bab2.pdf]
Preview
Text
083211070_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bab3.pdf]
Preview
Text
083211070_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bab4.pdf]
Preview
Text
083211070_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bab5.pdf]
Preview
Text
083211070_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 083211070_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083211070_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (61kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan oleh peneliti dalam pembahasan ini adalah (1) Bagaimana pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang?, (2) Apa faktor penunjang dan faktor penghambat dalam pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang?, (3)Apa kelebihan dan kekurangan dalam pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang?.
Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh keterangan- keterangan dan data-data adalah (1) metode pengumpulan data yang meliputi : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi (2) metode analisis data yang berupa metode deskriptif.
Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa : Pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang:
Bahwa pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint untuk kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang adalah berhasil dan sempurna. Dengan adanya bukti bahwa pelaksanaan pengajaran yang dilaksanakan oleh guru bahasa arab kelas X di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Semarang berjalan dengan baik, seperti halnya dalam mewujudkan tujuan pengajaran, materi, metode pengajaran seperti metode membaca, metode drill, metode suara, dan metode huruf hijaiyah, media pengajaran serta evaluasi yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan pengajaran pada ketrampilan membaca dalam pelajaran bahasa arab sebagaimana telah tertulis dalam kurikulum sekolah.
Langkah-langkah pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint:
(a) Sebelum pelajaran di mulai:
Langkah-langkah pembelajaran:
Guru memulai pelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dengan memberikan kata sapaan, menanyakan kabar/keadaan peserta didik, memberikan perhatian penuh lewat absensi yang di bacakan oleh guru, Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang di laksanakan dengan menggunakan media powerpoint, Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok. Terkadang tidak dibagi dalam kelompok-kelompok, Guru menyampaikan materi pembelajaran atau permasalahan kepada siswa sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai dalam bentuk slide yang sudah di persiapkan, Guru meminta siswa untuk memperhatikan apa yang ada dalam slide, Guru memberi contoh bacaan yang baik dan benar. Guru meminta siswa untuk mengikuti contoh bacaan dari guru, Guru menjelaskan materi yang berada dalam slide, dari kosakata yang ada, materi bacaan/teks qiraah, Guru menanyakan seberapa pemahaman yang telah di capai oleh peserta didik, Guru memberikan evaluasi dalam bentuk tes tertulis dan lisan dengan mendemonstrasikan bacaan di depan kelas, baik secara individual maupun secara kelompok, Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari, Evaluasi.
Faktor penunjang dan faktor penghambat dalam pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint, yaitu: guru, para siswa, metode pengajaran, kepala sekolah, orang tua, lingkup sosial di sekolah, serta sarana dan prasarana penunjang. Adapun faktor penghambat dalam pengajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan Media Komputer Program Microsoft Powerpoint, yaitu: latar belakang pendidikan dari peserta didik yang berbeda-beda, Prasangka atau image yang muncul dari peserta didik, bahwa mata pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang sulit, Alokasi waktu , yaitu waktu yang tersedia untuk mata pelajaran bahasa arab hanya 1 kali pertemuan ( 2 x 45 menit ), ketika listrik mati.

Kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Media Komputer Program Microsoft Power point dalam pengajaran ketrampilan membaca pada kelas X di MAN 1 Semarang :
Kelebihan : Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik,
Peserta didik lebih fokus pada pelajaran yang di ajarkan.

Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
- Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis hanya dalam bentuk kata-kata atau lisan belaka.
- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, daya indra seperti objek terlalu besar dapat digantikan dengan gambar, film, atau model.
-Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
-Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
-Efisiensi dalam waktu dan tenaga.
Kekurangan:
-Harus ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga.
-Layar monitor yang digunakan terlalu kecil (14”-15”), maka kemungkinan besar siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitan melihat sajian bahan ajar yang ditayangkan di PC tersebut.
-PenggunaanMedia Komputer Program Microsoft Power point dalam pengajaran ketrampilan membaca tidak dapat berdiri sendiri.
- Bersifat monoton, karena terpaku dari materi yang sudah dipersiapkan dalam slide yang ada.
-Guru lebih sering memperhatikan jalannya presentasi dengan mengoperasikan komputer.
-Guru belum sepenuhnya memasukkan aplikasi yang ada dalam powerpoin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Membaca; Program Microsoft Powerpoint; Strategi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:35
Last Modified: 09 Dec 2013 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics