Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDI Al-Azhar 14 Semarang

Hasanah, Uswatun (2012) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDI Al-Azhar 14 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083311026_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311026_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Al-Azhar 14 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peran penting kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru, meningkatkan kualitas sekolah, karena gerak langkah sebuah organisasi sekolah dikendalikan oleh seorang kepala sekolah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SDI Al-Azhar 14 Semarang? (2) Bagaimana kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan di SDI Al-Azhar 14 Semarang? Manfaat/harapan dari penelitian ini secara teoritis adalah dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya kepemimpinan pendidikan. Secara praktis di antaranya yaitu sebagai bahan informasi terhadap SDI Al-Azhar 14 Semarang dalam kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai bahan informasi terhadap lembaga-lembaga lain tentang kepemimpinan transformasional, dan bagi kepala sekolah dan guru dapat dijadikan rujukan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Pola kepemimpinan yang diterapkan di SDI Al-Azhar adalah pola kepemimpinan transformasional yang mengoptimalisasikan semua potensi yang ada di lembaga tersebut untuk mencapai tujuan sekolah. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SDI Al-Azhar meliputi: idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation,individual consideration. Kepala sekolah SDI Al-Azhar 14 Semarang memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di sekolahnya, menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasehat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada seluruh guru, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. (2) peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan kepala sekolah SDI Al-Azhar 14 Semarang 14 diantaranya adalah: meningkatkan mutu sumber daya manusia, adanya program pembinaan siswa, tenaga pendidik dan karyawan, layanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:36
Last Modified: 09 Dec 2013 06:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item