Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP H. Isriati Semarang

Rohman, Saiful (2017) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP H. Isriati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP H. Isriati Semarang. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku agresif siswa yang dapat menyakiti orang lain baik secara fisik maupun mental. Peran pendidik khususnya guru bimbingan dan konseling diharapkan mampu menjadi pembimbing dan pendidik anak serta mampu mengatasi perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk serta penyebab perilaku agresif dan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP H. Isriati Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Artinya penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan di lapangan atau dalam masyarakat, yang berarti bahwa datanya diambil atau didapat dari lapangan atau masyarakat dalam hal ini sekolah. Sedangkan kualitatif artinya penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sumber data terbagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah dua orang guru bimbingan dan konseling serta sepuluh siswa/siswi yang memiliki riwayat atau sering berperilaku agresif di SMP H. Isriati Semarang. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diambil dari dokumen-dokumen, buku-buku yang relevan dengan penelitian ini dan wawancara dari kepala sekolah SMP H. Isriati Semarang. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif milik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku agresif yang terjadi meliputi bentuk agresif verbal dan juga fisik. Agresif verbal yang terjadi seperti mengejek, melabarak (menyakiti/menyerang dengan kata-kata), berbicara kotor, gaduh dikelas, menantang/mengajak berkelahi, dan melakukan bullying terhadap sesama teman. Bentuk agresif fisik yang terjadi seperti perkelahian, memukul, menendang, dan bersikap frontal. Penyebab dari perilaku agresif siswa tersebut dikarenakan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersumber atau berasal dari dalam diri siswa sendiri seperti kurangnya kontrol diri, tidak bisa mengendalikan amarahnya, merasa dirinya super power, dan terdapat rasa marah yang tinggi pada diri siswa. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber atau berasal dari luar diri siswa seperti adanya pengaruh teman, pengaruh lingkungan dan pengaruh media. Berdasarkan dari tindakan atau langkah yang telah dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling, tampak peran dari guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa. Peran dari guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP H. Isriati Semarang adalah sebagai fasilitator, pembimbing, pengingat, pendamping, dan motivator siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Sattar, M. Ag.; Hj. Widayat Mintarsih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru; Bimbingan konseling; Perilaku agresif; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:05
Last Modified: 28 Jul 2017 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item