Peran bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan perilaku prososial pada santri di Pondok Pesantren Manba’ul Huda Ngawen Blora

Masru’ah, Masru’ah (2017) Peran bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan perilaku prososial pada santri di Pondok Pesantren Manba’ul Huda Ngawen Blora. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Bimbingan Agama Islam dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial pada Santri di Pondok Pesantren Manba’ul Huda Ngawen Blora”. Pondok pesantren Manba’ul Huda adalah pondok tertua di kabupaten Blora. Dalam usaha pembentukan karakter dan kepribadian santri pondok pesantren ini memberikan bimbingan agama Islam sebagai kegiatan utama. Santri dibimbing agar memiliki perilaku yang baik terkhusus perilaku prososial, karena perkembangan teknologi yang begitu pesat akan berdampak pada perilaku santri. Usia santri yang tergolong masih anak-anak biasanya mudah terpengaruh dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta suka berkelahi, suka ikut-ikutan, hanya berkiprah di dunia internet, tidak mau berkumpul atau bersosialisasi atau sekedar menyapa sesama, mau menang sendiri, mudah tersinggung, tidak mau mengikuti gotong-royong, dan cenderung tidak mau menaati peraturan. Untuk menghindari hal tersebut penting sekali diberikan bimbingan agama Islam dengan harapkan santri dapat menyadari pentingnya berperilaku positif khususnya prososial. Perilaku prososial ini sangat penting dimiliki oleh setiap generasi bangsa demi mendapatkan kenyamanan hidup bersama. Maka dari itu peneliti mengambil dua rumusan masalah yaitu (1) bagaimana program dan pelaksanaan bimbingan agama Islam di pondok pesantren Manba’ul Huda kecamatan Ngawen kabupaten Blora?, dan (2) bagaimana peran bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan perilaku prososial pada santri di pondok pesantren Manba’ul Huda kecamatan Ngawen kabupaten Blora? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, peneliti berusaha memberikan gambaran secara sistematis tentang situasi, permasalahan, layanan atau program, dan informasi mengenai peran bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan perilaku prososial pada santri di pondok pesantren Manba’ul Huda. Sumber data primer yaitu pengasuh, ustadz-ustadzah, pengurus, santri, wali santri, dan beberapa masyarakat di sekitar pondok pesantren Mamba’ul Huda. Sedangkan sumber data skunder diperoleh dari buku-buku dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan yang dibahas dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi (memfokuskan data), display (penyajian data), sehingga akhirnya dapat disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan program kegiatan bimbingan agama Islam di pondok pesantren Manba’ul Huda dilaksanakan dalam beberapa bentuk, diantaranya yaitu ceramah, pengajian kitab-kitab salaf, sholat berjamaah, pemberlakuan sistem ta’zir, dan keteladanan. Kegiatan-kegiatan tersebut sudah berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan kegiatan yang tidak pernah diliburkan, kehadiran pembimbing yang sangat rajin, dan banyaknya santri yang mengikuti seluruh kegiatan pondok pesantren setiap hari, meskipun masih ada santri yang melanggar. (2) Peran bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan perilaku prososial santri yaitu berperan sebagai benteng pertahanan bagi santri agar tidak berperilaku buruk sehingga senantiasa berperilaku prososial, berperan sebagai pembantu bagi santri agar dapat menyelesaikan dan memecahkan suatu masalah, berperan sebagai penuntun agar santri dapat menjernihkan kondisi yang semula tidak baik (mengandung masalah) menjadi baik, serta bimbingan agama Islam ini juga berperan memperkokoh dan memperteguh keimanan santri agar selalu beperilaku prososial lillahi ta’ala, sehingga lingkungan yang semula telah dalam kondisi baik dapat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Sattar, M. Ag.; Hj. Mahmudah, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Perilaku prososial; Santri; Pondok pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:12
Last Modified: 28 Jul 2017 07:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item