Strategi rekrutmen calon jamaah Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Muna Pedurungan Semarang

Priyono, Septiyanto Agus (2017) Strategi rekrutmen calon jamaah Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Muna Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

pada dasarnyastrategi rekrutmen calaon jamaah haji menjadi sebuah faktor yang mempengaruhi berkembang tidaknya suatu KBIH, di era globalisasi sekarang ini persaingan bisnis dalam bimbingan ibadah haji sangat tajam. Banyaknya KBIH yang berdiri dalam memberikan pelayanan jasa di perkuat dengan banyaknya minat calon jamaah haji yang meningkat dari tahun ke tahun melatar belakangi maraknya KBIH yang berdiri.
Dari persaingan ini yang menjadikan setiap KBIH berlomba-lomba dalam merancang strategi rekrutmen yang jitu sehingga calon jamaah haji tertarik dan bergabung didalam KBIH. Agar KBIH mendapatkan calon jamaah haji dengan mudah maka pengelolaan KBIH harus mempunyai strategi yang baik, untuk rekrutmen calon jamaah haji yang sebanyak-banyaknya dengan persaingan secara profesional. Strategi rekrutmen menjadi kunci untuk mendapatkan calon jamaah haji. Semakin baik suatu pelayanan didalam KBIH sehingga menjadikan jamaah haji terpuaskan maka jamaah haji tersebut akan menginformasikan dan merekomendasikan terhadap orang lain tentangga, saudara dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui startegi rekrutmen calon jamaah haji di kelompok bimbingan ibdah haji (KBIH) Al Muna Pedurungan Semarang. Kedua,untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi rekrutmen calon jamah haji di KBIH Al Muna.
Penelitian dalam skripsi ini mengunakan penelitian kualitatif, sumber dan jenis data berupa data primer dan sekunder yaitu data-data yang terkait dengan permasalahan yang penulis bahas. Data primer dari penelitia ini adalah informasi langsung dari Ketua KBIH, Pengurus KBIH dan jamaah haji yang mengikuti bimbingan di KBIH Al Muna. Sedangkan data sekunder Seperti data-data dari buku-buku, arsip, dokumen, struktur organisasi serta program kerja.Sedangkan dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan Teknik analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa KBIH Al Muna dalam strategi rekrutmen calon jamaah haji menggunakan alumni jamaah haji yang telah mengikuti bimbingan di KBIH Al Muna. Jamaah haji di minta secara khusus oleh pimpinan Al Muna untuk menyebarkan informasi mengenai pengalaman jamaah selama mengikuti bimbingan di KBIH Al Muna. Dalam melancarkan kegiatan strategi rekrutmen KBIH Al Muna menggunakan beberapa media sebagai alat untuk melancarkan staretgi rekrutmen sebagai berikut : pemberian VCD perjalanan haji, pelayanan prima dan produk-produk yang di tawarkan, silaturahim “slapanan”, tempat KBIH Al Muna, harga yang di tawarkan.
Kesimpulan dari skripsi ini dalam strategi rekrutmen calon jamaah haji adalah Strategi rekrutmen calon jamaah haji yang diterapkan didalam kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Al Muna Pedurungan Semarang, dalam merekrut calon jamaah haji mengunakan strategi pemanfaatan alumni jamaah haji sebelumnya yang memberikan informasi kepada saudara, tetanga, teman dan lain sebagainya, disamping itu KBIH Al Muna memberikan pelayaanan dengan menrapkan produk-produk yang ditawarkan diantaranya : pelayanan pendaftaran dari awal hingga akhir, bimbingan di tanah air dan tanah suci hingga pulang kembali ke Indonesia, memberikan sertifikat dan VCD dokumentasi perjalanan jamaah dari pemberangkatan hinga pulang. Walaupun KBIH Al Muna dalam strategi rekrutmen tidak menggunakan sistem menyebar brosur, pemasangan baliho, iklan. Dari strategi di atas, pada akhirnya KBIH Al Muna dapat bersaing dengan KBIH lainnya dalam rekrutmen calon jamaah haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Saerozi, S. Ag., M. Pd.; Dr. H. Abdul Choliq, MT., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Rekruitmen; Jamaah Haji; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:27
Last Modified: 23 May 2021 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics