Komunikasi organisasi (studi analisis strategi komunikasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Banyumas sebagai upaya mewujudkan Khilafah Islamiyah)

Turhamun, Turhamun (2015) Komunikasi organisasi (studi analisis strategi komunikasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Banyumas sebagai upaya mewujudkan Khilafah Islamiyah). Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
115112015_Coverdll.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112015_Bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112015_Bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (166kB) | Preview
[img] Text
115112015_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (239kB)
[img] Text
115112015_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
115112015_Bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112015_Bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112015_Coverdll.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa komunikasi organisasi dalam hal strategi komunikasi merupakan sebuah keharusan bagi setiap organisasi guna mewujudkan tujuan bersama. Hal ini dikarenakan komunikasi dalam organisasi memiliki empat fungsi informatif, regulatif, persuasif dan integratif. Diantara organisasi yang cukup intens dalam menerapkan komunikasi organisasi dan strategi komunikasi ialah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Komunikasi organisasi diperlukan oleh HTI guna melakukan penyampaian pesan kepada komunikan dalam hal dakwah. Sementara itu sarana dakwah yang mesti ditempuh oleh HTI adalah dengan menjadikan Indonesia sebagai negera Islam atau khilafah Islamiyah. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat menemukan gambaran komunikasi HTI dan praktik dari strategi komunikasi HTI. Ini penting untuk ditemukan karena, melalui pengetahuan dari hasil penelitian ini, peneliti dapat merumuskan bagaimana komunikasi organisasi dan strategi komunikasi yang tepat dalam dakwah di era modern. HTI yang peneliti maksud pada penelitian ini adalah HTI Banyumas. Komunikasi HTI yang bersifat instruktif secara umum memberi peluang bagi peneliti untuk melihat komunikasi organisasi dan strategi komunikasi HTI secara umum hanya dengan melalui HTI Banyumas. Dari hasil penelitian yang dilakukan komunikasi organisasi HTI Banyumas menggunakan dua model yaitu komunikasi internal sebagai bentuk instruksi dan koordinasi sehingga secara struktur memungkinkan terjadinya komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, komunikasi diagonal. Selanjutnya ialah komunikasi eksternal guna hubungan dengan masyarakat, periklanan, promosi dan survaei konsumen yang keseluruhannya untuk melakukan publikasi. Adapun pola yang digunakan iala pola instruktif, diplomasi, propaganda dan controlling, sedang gaya komunikasinya menggunakan gaya struktural dan kultural. Sedangkan di dalam melakukan strategi komunikasi sebagai upaya mewujudkan khilafah Islamiyah HTI Banyumas dilakukan dalam bentuk turunan kegiatan dari tahapan dakwahnya. Tahapan tersebut meliputi tahap kaderisasi, tahap interaski dan tahap pengambil alihan kekuasaan. Langkah turunan tersebut ialah dengan melakukan komunikasi terhadap komunikan yang dikelasifikasi menjadi enam yaitu; anggota, pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, pemerintah dan masyarakat umum. Adapun pelaksanaan komunikasinya ialah dengan berbagai macam kegiatan yang disiapkan secara terprogram dan insidental serta berdasarkan instruksi dari DPP HTI meliputi diskusi, Halaqoh Islam dan Peradaban, Kegiatan Rajaban, Training, Workshop, Aksi, Gelaran Pustaka dan lain sebagainya. Media komunikasi yang digunakan meliputi media cetak dan media elektronik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi; Hizbut Tahrir Indonesia (HTI); Strategi komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Additional Information: Pembmimbing: Dr. Ilyas Supena, MA.
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Aug 2017 07:04
Last Modified: 01 Aug 2017 07:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item