Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pelayanan jemaah umrah di PT Patuna Mekar Jaya perwakilan Semarang : perspektif manajemen dakwah

Sofiana, Mita Lia (2017) Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pelayanan jemaah umrah di PT Patuna Mekar Jaya perwakilan Semarang : perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada jemaah umrah di PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang serta faktor pendukung dan penghambat implementasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi yang dilakukan untuk mengamati hal yang berkaitan implementasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Patuna Mekar Jaya, dokumentasi berupa catatan, buku, brosur, dan surat kabar, serta wawancara dengan pimpinan, staf, dan beberapa jemaah yang pernah menggunakan jasa perjalanan ibadah umrah PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pelayanan jemaah PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang ditinjau dari perspektif manajemen dakwah sudah terlaksana dengan baik pada beberapa fungsi di antaranya fungsi perencanaan dakwah (takhtith), penggerakan dakwah (tawjih), serta pengendalian dan evaluasi dakwah (qirabah). Adapun pada pengorganisasian dakwah (thanzim) kurang terlaksana dengan baik dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang ada dan pembagian tugas yang kurang sesuai. Adapun faktor pendukung dan penghambat implementasi Total Quality Management (TQM) adalah, faktor pendukung: legalitas PT Patuna Mekar Jaya sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), sebagai provider VISA, waktu keberangkatan yang pasti, promosi melalui berbagai media, memiliki program dan paket umrah yang bervariasi, fasilitas yang sesuai, dan pelayanan prima, serta petugas-petugas yang ramah dan berpengalaman. Adapun faktor penghambatnya ialah pola pikir masyarakat yang menganggap tingginya harga program umrah PT Patuna Mekar Jaya, kuantitas karyawan dan penempatan yang kurang sesuai, kurang terprogramnya pelatihan bagi karyawan, lokasi yang kurang strategis, hingga banyaknya PPIU yang berada dalam wilayah yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dedy Susanto, S. Sos. I., MSI.; Agus Riyadi, S. Sos. I., MSI.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kualitas total; Manajemen dakwah; Pelayanan jamaah umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Aug 2017 05:48
Last Modified: 23 May 2021 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics